Ads

Ledakan kecil Merapi, Yogyakarta harap berhati-hati!

BTN iklan

LEI, Jakarta- Gunung Merapi melakukan aktivitasnya kembali yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pada Rabu (10/2), tercatat Gunung Merapi mengeluarkan 5 guguran lava pijar.
Dalam laporan periode pengamatan Rabu (10/2) pukul 00.00-06.00 WIB, tercatat jarak luncur guguran lava pijar maksimal mencapai 1 kilometer.
“Teramati guguran lava pijar 5 kali dengan jarak luncur maksimum 1000 meter ke barat daya hulu Kali Krasak dan Boyong,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam laporan tertulisnya, Rabu (10/2).
Dijelaskan dalam pengamatan tersebut asap kawah tidak teramati. Sementara cuaca di Merapi berawan, mendung, dan hujan dengan angin bertiup lemah hingga sedang ke timur.

“Suhu udara 13-20 °C, kelembaban udara 68-98 %, dan tekanan udara 569-686 mmHg. Volume curah hujan 28 mm per hari,” jelasnya.
Hingga saat ini BPPTKG masih menetapkan status Merapi pada tingkat Siaga (Level III).

Rekomendasi potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya. Yaitu meliputi Kali Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer dari puncak Merapi.
Sementara lontaran material vulkanik apabila terjadi letusan eksplosif diperkirakan dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami