HEADLINES

LEGENDA ROCK STAR EDDI VAN HALEN tutup usia.

BTN iklan

LEI,- Eddie Van Halen, gitaris sekaligus pendiri band hard-rock legendaris Van Halen, meninggal dunia pada usia 65 tahun karena kanker.

Sebelum tutup usia, musisi Amerika Serikat keturunan Belanda tersebut kerap menjalani perawatan kanker tenggorokan.

Putra Eddie, Wolfgang, memberikan penghormatan kepada mendiang di media sosial. Dia mengatakan bahwa mendiang adalah ayah terbaik yang pernah dia miliki.

Gitaris Queen Brian May ‘hampir meninggal’ setelah serangan jantung
Elvis Presley, 40 tahun meninggal tapi tetap raup ratusan miliar per tahun
Legenda Rock and Roll, Chuck Berry, tutup usia
“Setiap momen yang saya bagi dengannya di dalam dan di luar panggung adalah anugerah,” tulis Wolfgang, yang menjadi bassis Van Halen pada 2006.

“Hati saya hancur dan saya pikir saya tidak akan benar-benar pulih dari rasa kehilangan ini. Saya sayang kamu, Pop.”

Beberapa musisi rock juga memberikan penghormatan kepada gitaris berjuluk “Mozart of rock guitar” di media sosial. Vokalis Kiss, Gene Simmon, menyebutnya “dewa gitar”.

Situs selebritas TMZ, yang pertama kali mengabarkan kematiannya, mengatakan Eddie Van Hallen meninggal dunia di Rumah Sakit St Johns di Santa Monica, Califorrnia pada Selasa (06/10) didampingi oleh anggota keluarganya.

Band yang dia didirikan, Van Halen, dikenal karena lagu Jump yang menjadi hit di tangga lagu Amerika Serikat pada 1984.

Sejak tahun lalu, gitaris ini telah keluar-masuk rumah sakit dan baru-baru ini menjalani kemoterapi, seperti dilaporkan TMZ dengan mengutip beberapa narasumber.

Van Hallen meninggalkan putranya, Wolfgang, dan istrinya, Janie Liszewski, yang menikah dengannya pada 2009.

Sejarah Van Halen dalam merintis karir hingga jadi bintang salah satunya dari kecil Eddie Van Halen diajari bermain piano yang ditularkan dari Ayahnya.
Lahir di Amsterdam, Belanda, Eddie Van Halen adalah putra dari Eugenia Van Halen dan Jan Van Halen, seorang pemain klarinet, saksofon, dan pianis. “Kami benar-benar memainkan musik di kapal dalam perjalanan ke sini. Saya serius! Itu tidak seperti, ‘jadi apa yang ingin kamu lakukan dalam hidup?’. Ayah berkata, ‘kita harus mencari nafkah’. Jadi jika bukan karena musik, kami tidak akan bertahan,” kata Van Halen dalam wawancara tahun 2012 dengan Esquire.

Beranjak dewasa, Van Halen bermain drum dan kemudian beralih ke gitar. Dia biasanya bermain dengan ayah dan kakaknya dalam acara pernikahan atau bar mitzvahs, upacara yang digelar umat Yahudi.

Eddie Van Halen kemudian membentuk band Van Halen pada awal 1970-an di Los Angeles. Dia sebagai gitaris, sedangkan kakaknya, Alex, sebagai drummer. Sementara itu, David Lee Roth sebagai vokalis dan Michael Anthony sebagai basis.

Eddie Van Halen disebut sebagai penulis utama lagu-lagu pada album debut mereka yang dirilis pada 1978.

Album itu menduduki posisi 19 pada tangga lagu Billboard, menjadi salah satu album debut yang paling sukses pada dekade itu.

Akan tetapi, keberhasilan terbesar Van Halen adalah pada saat band itu merilis album keenam mereka, 1984. Pada album itu, Van Halen fokus pada synth ketimbang gitar.

Album itu menghasilkan satu-satunya lagu mereka yang menduduki puncak tangga lagu, Jump.

Jump juga menjadi satu-satunya hit band itu di tangga lagu Inggris, dengan menduduki posisi ke-tujuh pada tahun 1984
Selain itu, gitaris tersebut terkenal di Inggris karena memainkan solo gitar pada lagu Michael Jackson, Beat It, yang dirilis pada 1983.

Masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2007, Eddie Van Halen menerima pujian besar atas teknik gitarnya yang khas di banyak lagu hits band, dari Ain’t Talkin”Bout Love hingga Panama.

Dia menyempurnakan dan mempopulerkan gaya permainan yang dikenal sebagai “ketukan dua tangan”; dan teknik gitar secepat kilatnya memengaruhi gitaris rock yang tak terhitung jumlahnya di tahun 80-an.

Kontributor: dwitya Yonathan

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami