LiputanNasional

Lemhannas hingga Komnas Perempuan Teken MoU Kerja Sama Tukar Ahli

BTN iklan

Jakarta (lei) –  Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) melakukan kerja sama dengan tiga institusi, yakni Kemendagri, Komnas Perempuan, dan Ikatan Notaris Indonesia. Tujuannya memperkuat kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan.
Image result for Lemhannas
“Secara umum, nota kesepahaman Lemhannas RI dengan 3 institusi meliputi penguatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan. Pertukaran tenaga ahli dan pakar akademisi dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan,” kata Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, di kantornya, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (15/10/2018). Acara ini dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua Komnas Perempuan Azriana, dan Ketua Ikatan Notaris Indonesia Yualita Widyadhari. Secara umum, Agus menyampaikan nota kesepahaman (MoU) antara Lemhanas dan tiga institusi ini untuk memudahkan pertukaran tenaga ahli dan pakar akademisi serta pertukaran informasi. Agus mengatakan kerja sama antara Lemhannas dan Komnas Perempuan ditujukan untuk menyepakati pola penguatan perspektif hak asasi manusia dan konstitusional perempuan pada aspek pendidikan.

Mendagri Tjahjo mengatakan kerja sama antara Lemhannas dan Kemendagri ini untuk memudahkan pengkajian dan pertukaran tenaga ahli agar membangun pola pikir ketahanan nasional. Tjahjo mengatakan pejabat eselon II yang akan masuk ke eselon I di Kemendagri wajib mengikuti pelatihan Lemhannas.

“Ini penting buat kepala daerah yang dia dari latar belakang partai politik, latar belakang kelompok golongan, maupun daerah tapi dengan mengikuti Lemhannas ini dia setidaknya sudah punya wawasan ketahanan nasional, punya pola pikir yang utuh bahwa dia bertugas bawa amanat masyarakat bagian daripada pemerintahan yang sah punya ideologi punya wawasan yang utuh. Intinya gitu,” ujar Tjahjo.

“Tukar-menukar informasi dalam rangka pengukuran ketahanan nasional pelaksanaan pengkajian dan bidang lain sesuai kebutuhan antara pihak sesuai dengan perundangan yang berlaku,” ungkap Agus.

Agus mengatakan kerja sama Lemhannas dengan Kemendagri dan Komnas Perempuan merupakan perpanjangan dari nota kesepahaman sebelumnya. Sedangkan kerja sama dengan Ikatan Notaris Indonesia baru dilakukan terkait pelatihan dan pertukaran tenaga ahli dan pemantapan nilai kebangsaan.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close