AdsLifestyle

Lima Tanda Oli Mobil Anda Harus Diganti

BTN iklan

Spare part mobil ada banyak sekali jenisnya. Setiap spare part memiliki fungsinya masing-masing dan bekerja sama untuk membuat mobil bisa berjalan kembali dengan normal. Menjaga kondisi spare part sangat penting untuk dilakukan agar mobil Anda bisa bekerja dengan lancar dan performanya selalu terjaga dengan baik.

Pemilihan spare part mobil menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan jika Anda ingin performa mobil terjaga dengan baik. Anda perlu menggunakan spare part yang memang berkualitas, original, dan dipasang oleh ahlinya. Selain itu, Anda juga harus melakukan pengawasan yang cermat agar semua komponen pada mobil Anda bisa bekerja dengan baik.

Salah satu hal yang perlu dilakukan ketika ingin merawat mobil Anda dengan baik adalah mengontrol kondisi oli mobil. Oli merupakan bagian penting yang akan berpengaruh pada performa mobil Anda. Oli bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu sampai perlu untuk diganti dengan yang baru. Kali ini kita akan membahas tanda-tanda apa saja yang menunjukkan bahwa oli mobil perlu diganti.

Tanda Oli Mobil Bermasalah

Penggantian oli memang perlu dilakukan secara berkala. Jika oli mobil berada dalam kondisi yang buruk dan tidak segera diganti maka mobil Anda tidak bisa bekerja dengan baik bahkan bisa rusak. Supaya tidak terjadi hal semacam ini, maka Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda oli mobil Anda perlu segera diganti :

1. Tarikan Mesin Kasar

Oli mobil perlu segera diganti ketika Anda merasakan tarikan mesin Anda kasar. Bagi pengendara mobil, tentu Anda bisa lebih peka merasakan jika ada perubahan pada tarikan mesin. Jika cara mesin berjalan terasa kasar tidak mulus maka segeralah bawa mobil Anda ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan oli atau spare part mobil lainnya.

2. Periksa Kartu Pengingat

Bagi Anda yang selalu mengganti oli secara rutin, pasti Anda akan memiliki kartu pengingat ganti oli untuk mengetahui jadwal pergantian oli. Anda bisa memeriksa kartu ini sebagai panduan untuk mengetahui apakah sudah waktunya oli mobil diganti.

3. Pakai Tongkat Pengukur

Gunakan tongkat pengukur untuk memeriksa kondisi oli mesin Anda. Tapi perlu diingat bahwa mesin harus dalam kondisi dingin jika Anda ingin memeriksa oli memakai tongkat pengukur. Anda bisa memasukkan tongkat pengukur ke dalam tangki oli lalu tarik dan lihat berapa sisa oli dalam tangki. Jika sisa oli di bawah batas normal maka segera tambahkan oli.

4. Periksa Bagian Peringatan

Kemajuan teknologi ternyata juga membantu kita untuk mengetahui kondisi oli mobil. Pada mobil keluaran terbaru sekarang sudah dilengkapi dengan bagian peringatan ganti oli yang biasanya ada di dekat stir mobil. Jika mobil Anda sudah dilengkapi fitur ini maka tinggal periksa saja apakah oli sudah waktunya diganti atau belum.

5. Warna Oli Berubah

Warna oli menjadi salah satu indikator yang menentukan apakah oli sudah waktunya diganti atau belum. Oli mobil yang sudah lama digunakan biasanya akan berwarna hitam dan sangat encer.

Itulah tadi 5 tanda oli mobil Anda sudah lama digunakan dan perlu segera diganti. Bagi Anda yang ingin membeli oli atau spare part mobil lainnya, Anda bisa belanja di Bukalapak. Bukalapak menyediakan beragam jenis produk spare part mobil maupun aksesoris mobil seperti audio mobil dengan penawaran harga yang terbaik.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close