Traveling

Lukla Airport Tertinggi di Atap Everest dan Paling Berbahaya

Salah Satu Bandara Mengerikan di Dunia

BTN iklan

LUKLA, (LEI) – Tim LEI Explore Mt. Everest 2018, pada malam hari waktu setempat sampai di Lukla setelah melalui perjalanan selama beberapa hari. Lukla terkenal dengan bandara tertinggi di dunia, terletak di gunung dengan julukan ‘Atap Dunia’. Bandara ini hanya memiliki landasan pacu sepanjang 100 meter.

Karena pendek, jadi kemampuan para pilotlah yang sangat diandalkan untuk menangani penerbangan Lukla – Kathmandu, dengan frekuensi terbang 20 hingga 30 kali. Namun penerbangan itu tergantung cuaca. Tidak heran bahwa para pilot dan chopper di sini sangat mematuhi ramalan cuaca.

Sayangnya, kami sedang tidak beruntung. Sudah seharian bandara ditutup karena cuaca yang berawan. Penerbangan dengan pesawat kecil berkapasitas 18 orang ditambah melewati medan pegunungan dan lembah Himalaya sangatlah beresiko.

Perlu anda ketahui bahwa penutupan bandara oleh para pendaki adalah hal biasa. Lebih baik menunggu daripada mati konyol. Cuaca disekitar Lukla memang tidak bisa diprediksi, demikian juga jika melakukan pendakian di Everest.

https://youtube.com/watch?v=DqgZvb37NX0%22+frameborder%3D%220%22+allow%3D%22autoplay%3B+encrypted-media%22+allowfullscreen%3E%3C

Shiva, Guide Tour tim LEI Explore mengatakan, ” Kalian semua beruntung karena sepanjang perjalanan kemarin lancar bahkan sempat mengabadikan momen tanpa kurang satu pun. Nikmati dulu di Lukla sambil mengembalikan tenaga.”

“Tapi sampai kapan Shiva?”, kami sudah mulai tidak sabar. “Tenang. Bulan lalu Lukla tidak bisa didarati pesawat apapun selama 7 hari. Nikmati dulu alam sekitar Everest agar membawa berkah untuk semua.”

*Dilaporkan Dr. St. Laksanto, Ketua Tim LEI Explore Mt. Everest 2018

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami