Internasional

Lusinan Pesawat Tempur Rusia Tiba di Krimea di Tengah Ketegangan dengan Ukraina

BTN iklan

BELBEK (LEI) – Lebih dari selusin pesawat tempur SU-27 dan SU-30 Rusia yang dikirimkan untuk meningkatkan kekuatan udaranya di tengah ketegangan dengan Ukraina mendarat di Krimea pada Sabtu, 22 Desember.

Reuters, Minggu (23/12/2018) melaporkan, jet-jet tempur Rusia itu mendarat di Pangkalan Udara Belbek di Krimea. Pengiriman jet-jet tempur tersebut dilakukan menyusul ketegangan yang meningkat antara Moskow dengan Kiev setelah penahanan tiga kapal angkatan laut dan krunya pada 25 November lalu atas tuduhan melanggar wilayah laut Rusia di Selat Kerch, Krimea.

Tambahan jet-jet tempur Rusia di Krimea itu datang sekira sepekan setelah Rusia menyatakan akan mengirimkan sistem pertahanan rudal S-400 ke Krimea.

Moskow menuduh Presiden Ukraina, Petro Poroshenko berusaha memantik kontroversi di Krimea sebelum penyelenggaraan pemilu Ukraina awal tahun depan.

Insiden di Selat Kerch dilaporkan juga mendorong Amerika Serikat (AS) yang merupakan sekutu Ukraina untuk memberikan bantuan dana sebesar USD10 juta kepada Kiev untuk meningkatkan kemampuan angkatan lautnya. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami