Olahraga

Madura United Menerapkan Teknologi Sports Science

BTN iklan

BANGKALAN, (LEI) – Madura United ikut menerapkan sports science untuk memaksimalkan kinerja pemain. Skuat berjulukan Laskar Sape Kerrab itu memakai teknologi GPS Sports di pertandingan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak.

Selain Madura United, ada kontestan Liga 1 lain, yaitu Persija Jakarta dan Borneo FC, yang juga menggunakan alat seperti rompi ini. Namun, Madura United juga mengenakannya selama pertandingan.

“Sudah diizinkan oleh PSSI untuk dipakai di pertandingan. Alat ini sama dengan yang dipakai klub-klub di luar negeri seperti PSG, Bayern Munchen, dan Werder Bremen,” kata Dig Agung, Operator GPS Sport.

Beberapa klub Eropa seperti Chelsea, Real Madrid, juga Timnas Spanyol ikut menggunakan alat ini. Lewat cara ini, pelatih bisa memantau data dan statistik pemain selama pertandingan.

“Alat tersebut memberikan informasi dalam kinerja pemain, diprogram untuk melihat volume dan intensitas pemain. GPS akan mencatat kerja pemain real time, seperti jarak tempuh efektif, akselerasi, speed, beban kerja tubuh, detak jantung,” imbuh Agung.

Dengan menggunakan GPS Sport, keabsahan data statistik pemain akan lebih akurat. Pelatih Madura United juga bisa terus memantau kondisi pemain jika mengalami penurunan performa.

“Pada penggunaan lanjutannya bisa untuk analisis taktik pemain pada pertandingan. Saat pemain menyembunyikan kondisi tubuhnya, pasti akan terlihat dari hasil kemampuannya yang dibaca alat tersebut,” ujar Agung.

[Bola.com]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami