Nasional

MAI Agendakan Demonstrasi Tuntut Kebebasan Pers

BTN iklan

Timika, LEI – Masyarakat Adat Independen (MAI) mengagendakan aksi demo damai menuntut kebebasan pers untuk melakukan peliputan di area konsesi PT Freeport Indonesia di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Ketua MAI Vinsen yang juga sebagai penanggung jawab aksi mengatakan aksi tersebut akan dipusatkan di lapangan Timika Indah pada Rabu (3/5).

Vinsen menekankan aksi yang bertajuk demo damai tersebut bermaksud mendesak PT Freeport untuk memberikan kebebasan yang seluas-luasnya kepada jurnalis internasional, nasional maupun lokal agar bebas meliput di area PT Freeport di Timika dan Tembagapura.

Ia menilai selama kurang lebih 50 tahun, Freeport terkesan membatasi kebebasan pers untuk memperoleh data dan mengungkapkan fakta yang terjadi di area Freeport.

Ia juga mengatakan bahwa kebebasan pers untuk memasuki wilayah Freeport bukan saja dimaksudkan untuk meliput Freeport tetapi lebih dari pada itu ada kampung-kampung yang masuk dalam Distrik Tembagapura yang perlu dipublikasikan.

“Akibat dari tidak adanya ruang jurnalis untuk akses ke daerah Tembagapura maka apa saja yang terjadi di kampung-kampung sekitar tidak diketahui oleh umum,” katanya.

Area Freeport di Tembagapura adalah wilayah kedaulatan NKRI sehingga pemerintah juga perlu mengetahui informasi masyarakat di sana salah satunya melalui pemberitaan di media massa.

“Selama ini yang terjadi, sama sekali tidak ada publikasi Tetang kehidupan masyarakat di daerah sekitar tambang. Pemerintah dan masyarakat tidak tahu apakah masyarakat Indonesia di daerah itu aman damai dan sejahtera atau tidak,” ujarnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami