BTN iklan
Internasional

Majikan Penyiksa TKW Suyanti di Malaysia Lolos dari Hukuman Penjara

PETALING JAYA, (LEI) – Seorang perempuan di Mutiara Damansara, Petaling Jaya, Malaysia, lolos dari hukuman penjara meski telah menyiksa pembantunya asal Indonesia, Suyanti Sutrisno. Meski demikian, majikan bernama Rozita Mohamad Ali itu diwajibkan berperilaku baik selama lima tahun.

Rozita sebelumnya dijerat dengan dakwaan percobaan pembunuhan terhadap Suyanti. Korban yang saat itu berusia 19 tahun disiksa dengan menggunakan pisau dapur, gagang pel, gantungan baju, dan sebuah payung pada 2016.

Dakwaan dikenakan sesuai Pasal 307 KUHP Malaysia dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun jika terbukti bersalah. Sedikitnya 10 orang saksi dihadirkan di persidangan yang mulai digelar pada 9 Mei 2017.

Siksaan Rozita itu menyebabkan sejumlah luka yang diderita Suyanti Sutrisno pada kepala, tangan, kaki, dan organ dalam tubuh. Korban disiksa oleh Rozita pada 21 Desember 2016 sekira pukul 07.00 hingga 12.00 waktu setempat.

Pengadilan mengubah dakwaan dari percobaan pembunuhan menjadi menyebabkan luka parah dengan menggunakan senjata berbahaya atau senjata tajam sesuai Pasal 326 KUHP. Setelah Rozita mengakui kesalahan sesuai dakwaan baru itu, Hakim Mohamed Mokhzani Mokhtar memvonis pelaku dengan kewajiban berbuat baik selama lima tahun dengan ancaman denda 20 ribu Ringgit (setara Rp70,3 juta).

Melansir dari The Star, Kamis (15/3/2018), Deputi Jaksa, V. Suloshani, mendesak pengadilan untuk memberikan hukuman penjara karena kasus tersebut sudah menjadi viral di media sosial. Namun, pengacara pelaku, Datuk Rosal Azimin Ahmad, mengajukan usulan hukuman tersebut karena kliennya sudah menderita akibat tekanan besar hingga stress.

Sebelumnya, Hakim Mokzhani Mokhtar mengatakan, hukuman tersebut tidak berarti Rozita bisa melenggang bebas. Ia masih memiliki keterikatan dengan pengadilan untuk jangka waktu tertentu, dalam hal ini lima tahun. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close