Lifestyle

Makanan dan Minuman yang ‘Mendadak’ Diincar Saat Buka Puasa

BTN iklan

Jakarta (LEI) – Bisa kembali beribadah saat bulan puasa memang jadi kenikmatan besar tersendiri bagi umat Muslim. Selain ibadah, kenikmatan kecil di bulan Ramadan adalah menemukan berbagai makanan dan minuman khas ramadan yang enak dan menyegarkan.

Sebenarnya, makanan dan minuman ini terbilang biasa dan bisa ditemui di luar bulan puasa. Hanya saja terbilang jarang. Tapi di bulan puasa, makanan dan minuman ini terlihat lebih menggiurkan dan banyak diburu orang untuk berbuka puasa.

Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang mendadak populer dan banyak diburu jelang berbuka puasa.

1. Es teh

Es teh adalah bentuk minuman sederhana yang sebenarnya tak hanya bisa dinikmati saat bulan puasa. Di luar bulan puasa, kapan pun Anda ingin, Anda hanya perlu menyeduh teh dan menambahkannya dengan es batu.

Namun saat bulan puasa, kenikmatan es teh ini semakin bertambah. Rasa yang manis dan dingin seolah menyegarkan tenggorokan usai berpuasa seharian. Tak dimungkiri, cara buat yang praktis, murah, dan segar, es teh menjadi salah satu minuman yang mendadak populer saat bulan puasa jelang berbuka puasa.

2. Kolak pisang

Bagi Anda yang tak suka minuman dingin untuk berbuka, kolak pisang yang manis dan gurih biasanya jadi pilihan. Tengok saja lapak-lapak penjaja takjil di sekitar Anda, biasanya kolak pisang dengan tambahan ubi dan pisang di dalamnya terbungkus dalam plastik atau gelas kecil. Kolak pisang paling enak disantap saat hangat, karena pisangnya akan terasa lebih lembut dan empuk.

3. Kolak biji salak

Selain kolak pisang, kolak biji salak juga kerap jadi incaran untuk takjil buka puasa. Kolak biji salak punya tekstur bola-bola yang kenyal dan manis. Tambahan santan dan gula merah di dalamnya juga menambah kenikmatan untuk berbuka puasa.

4. Es kelapa

Es yang satu ini terasa sangat menyegarkan untuk berbuka puasa. Penjualan es kelapa pun bisa meningkat berkali-kali lipat dibanding hari biasanya. Tak cuma itu, es kelapa juga bisa membantu mengembalikan ion tubuh. Tak dimungkiri, air kelapa merupakan cairan elektrolit yang bisa menghidrasi tubuh dengan baik.

5. Timun suri

Entah mengapa buah yang satu ini hanya banyak ditemui saat bulan puasa tiba. Padahal sebenarnya, buah dengan bentuk lonjong kekuningan dan segar ini tak cuma ditanam jelang bulan puasa. Ada kemungkinan bahwa buah yang masuk keluarga timun ini memiliki tekstur daging buah yang renyah dan rasa yang segar.

6. Es Sirup

Anda pasti akrab dengan meme soal Ramadan dan iklan sirup yang bersliweran jelang Ramadan lalu. Tak dimungkiri, sirup yang manis dan segar memang cocok untuk membantu meredakan serangan haus setelah seharian puasa. Selain diminum dengan es, sirup juga seringkali diolah dengan puding sebagai makanan untuk berbuka puasa.

7. Kolang kaling

Biasanya berember-ember kolang-kaling dengan aneka warna akan tersedia di warung-warung kelontong dan supermarket. Kolang-kaling ini biasanya juga disepuh dengan beragam warna agar terlihat lebih menarik. Buah kolang-kaling ini juga mendadak populer untuk aneka sajian menu berbuka puasa, misalnya es teler, es buah, atau kolak.

8. Blewah

Sama seperti timun suri, blewah juga menjadi buah yang kerap diburu saat bulan puasa. Buah berwarna kuning oranye yang mirip labu parang kecil ini biasanya diolah menjadi es buah atau es blewah untuk menu buka puasa. [cnn indonesia]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close