Hukum

MAKI Sampaikan Aspirasi Agar Pimpinan DPR Minta KPK Tegas Terhadap Novanto

BTN iklan

Jakarta, LEI – Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) telah melayangkan surat aspirasi kepada pimpinan DPR untuk meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera melakukan penahanan terhadap Ketua DPR RI Setya Novanto dalam kasus korupsi e-KTP.

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman di Jakarta, Jumat (17/11), mengatakan, surat aspirasi kepada Pimpinan DPR itu untuk diteruskan kepada KPK yang berisi permintaan kepada KPK tegas dalam pemberantasan dugaan korupsi e-KTP.

“Termasuk melakukan penahanan terhadap tersangka SN apabila telah memenuhi minimal 2 alat bukti dan unsur-unsurnya sesuai KUHAP dan undang-undang yang berlaku,” ujar Boyamin.

Atas surat tersebut, lanjut Boyamin, pihaknya telah menerima jawaban dari DPR pada hari ini. Inti surat jawaban tersebut, bahwa pimpinan DPR telah meneruskannya ke Komisi III DPR.

“Untuk itu, kami menunggu respon Komisi III DPR, termasuk siap datang apabila diundang Komisi III dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU),” katanya.

MAKI melayangkan surat kepada pimpinan DPR karena Setya Novanto telah beberapa kali mengirim surat kepada KPK terkait permintaan tidak hadir pemeriksaan, minta penundaan pemeriksaan karena sedang mengajukan praperadilan, dan sampai minta tidak dilakukan pemeriksaan karena KPK belum mendapat izin presiden.

Bahkan, lanjut Boyamin, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyalurkan aspirasi pribadi Setya Novanto. Karena itu, MAKI meminta agar pimpinan DPR mengeluarkan sikap berimbang soal kasus dugaan korupsi yang membelit Novanto.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami