Internasional

Malala Mudik ke Rumah Masa Kecilnya di Pakistan

BTN iklan

MINGORA (LEI) – Peraih Nobel Perdamaian asal Pakistan, Malala Yousafzai, dikabarkan menyambangi kampung halamannya di Bukit Swat, Provinsi Mingora. Kunjungan tersebut menandai pertama kalinya perempuan berusia 20 tahun itu mudik ke tempat kelahiran serta bertumbuh besar.

Kunjungan tersebut mendapat pengawalan ketat yang ditunjukkan dengan ditutup jalanan menuju rumah masa kecil Malala di Mingora sejak Jumat 30 Maret. Sebuah helikopter terlihat mendarat di rumah milik pemerintah daerah setempat yang berjarak sekira 1 kilometer (km) dari kediaman keluarga Yousafzai.

“Saya diberi tahu oleh keluarga bahwa suasanya penuh haru ketika Malala berkunjung ke rumah,” ujar sumber dari keluarga Yousafzai, Jawad Iqbal Yousafzai, melansir dari Reuters, Sabtu (31/3/2018).

Info itu didapat Jawad Iqbal setelah berbincang dengan ayah Malala, Ziauddin Yousafzai. Jawad menambahkan, keluarga juga akan berkunjung ke akademi militer untuk tingkat kadet setempat serta sejumlah resor wisata di Bukit Swat.

Malala Yousafzai sudah menginjakkan kakinya di Pakistan sejak Kamis 29 Maret. Ia akhirnya kembali ke negara asal setelah insiden penembakan yang dilakukan kelompok militan Taliban pada Oktober 2016. Sejak insiden tersebut, Malala dipindahkan ke Inggris dan menetap di Negeri Ratu Elizabeth.

Peraih Nobel Perdamaian Malala Yousafzai Ungkap Kerinduan dengan Kampung Halaman

(Malala Yousafzai dalam wawancara dengan Reuters. Foto: Saiyna Bashir/Reuters)

“Saya merindukan semuanya tentang Pakistan, dari sungai-sungainya, gunung-gunungnya, bahkan jalanan yang kotor serta tumpukan sampah di dekat rumah, dan teman-teman serta bagaimana kita sering bergosip, hingga ketika kami sering berkelahi dengan tetangga,” ujar Malala Yousafzai.

Belum diketahui apakah Malala dapat berkunjung ke Swat, wilayah yang pernah dikuasai Taliban selama hampir dua tahun, dengan alasan keamanan. Namun, dua orang aparat keamanan memastikan bahwa perjalanan dengan helikopter itu kemungkinan besar hanya dilakukan selama satu hari. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami