LifestyleTraveling

Mampir Ke Pulau Sebrang Bali,Pulau Nusa Penida

BTN iklan

Jakarta/Lei –  mau kasih tips nih buat kalian yang pengen explore Nusa Penida yang masih termasuk dalam propinsi Bali. Perlu diketahui sebelumnya, Bali ini memiliki 3 pulau kecil yang terdapat di sebelah tenggara, yaitu Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida yang akan kita bahas sekarang ini. Mungkin selama ini kita berlibur ke Bali hanya datang ke tempat yang itu-itu aja, kalo nggak Kuta, Kintamani, Ubud dll. Nah, untuk memberikan pengalaman liburan yang berbeda, nggak ada salahnya untuk sedikit menjauh dari tempat yang itu-itu aja.  TIPS-SAFE-TRAVELING-TO-NUSA-PENIDA

Nusa Penida ini rasanya jadi destinasi wisata yang nggak boleh dilewatin kalo kita lagi ke Bali, karena di pulau kecil ini banyak sekali yang bisa kita jelajahi keindahannya

HOW TO GET THERE

Saat ini, Nusa Penida hanya bisa diakses melalui jalur laut, karena belum ada bandara kecil kayak yang ada di Karimun Jawa. Pulau kecil ini banyak menyimpan tempat-tempat indah yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Mungkin banyak di luar sana orang-orang yang penasaran dengan pulau yang satu ini, namun terkendala dengan terbatasnya informasi yang lengkap sebagai panduannya.

Titik bersandarnya kapal-kapal yang menuju Nusa Penida ini kebanyakan berpusat di bagian Utara dan Timur Pulau ini. Karena di bagian Selatan dan Barat berbatasan langsung dengan tebing curam (cliff) dan besarnya ombak dari Samudra Hindia sehingga sulit untuk disinggahi kapal. Ada 4 sarana transportasi yang menuju pulau ini, yaitu menggunakan sampan tradisional dengan mesin tempel, speed boat, kapal roro Nusa Jaya Abadi (moda transportasi utama) sampe kapal cruise yang sebagian besar menuju Nusa Lembongan kecuali Quicksilver Cruise. Waktu yang diperlukan ke-4 alat transportasi ini bervariasi, mulai dari 30 menit sampai 1 jam. Tapi perlu di ingat, alat transportasi ini sangat bergantung pada situasi dan kondisi alam (arus, ombak, angin dan hal teknis lainnya).

 

1. DENGAN KAPAL RORO (ROLL OF ROLL ON) NUSA JAYA ABADI

 

TIPS-SAFE-TRAVELING-TO-NUSA-PENIDA

 

Kalo mau menggunakan kapal Nusa Jaya Abadi ini, kita harus menuju ke Pelabuhan Padang Bai yang berada di Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem terlebih dahulu. Pelabuhan yang berada di bagian Timur pulau Bali ini menjadi pintu utama penyeberangan dari Bali ke wilayah Timur Indonesia. Semua penyebrangan yang ke arah Timur Indonesia dimulai dari pelabuhan ini. Kalo kita menginap di daerah Kuta, akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan menuju pelabuhan Padang Bai. Walaupun sedikit lebih lama dengan menggunakan alat transportasi ini, tapi kita bisa membawa lebih banyak barang bawaan termasuk mobil/sepeda motor.

Just for advice, kalo berlibur di Bali ini sebaiknya kita menyewa motor karena selain mempermudah perjalanan, harganya juga murah, satu hari cuma Rp50 ribu – Rp60 ribu aja kok. Oke lanjut lagi! Kapal yang berangkat dari pelabuhan Padang Bai ini sehari hanya 2 kali berlayar, yaitu keberangkatan pertama jam 11.00 WITA dan yang kedua jam 13.00. Untuk harga tiketnya, dewasa dikenakan biaya Rp15 ribu dan untuk sepeda motor Rp20 ribu. Waktu tempuh menuju Nusa Penida sekitar 1 jam perjalanan. Nah, di dalam perjalanan ini kita bisa nikmatin panorama laut biru dan kokohnya pulau Nusa Penida yang menjadi tujuan. Oh iya, kapal ini akan bersandar di Pelabuhan Nusa Penida yang berada di pusat kota kecamatan.

 

2. KAPAL TRADISIONAL (SAMPAN/JUKUNG)

 

TIPS-SAFE-TRAVELING-TO-NUSA-PENIDA

 

Pilihan alat transportasi yang kedua ini akan berangkat dari Kusamba dan memerlukan waktu 1 jam perjalanan. Untuk harga tiketnya hanya Rp25 ribu per orang. Kalo kita menggunakan alat transportasi ini, maka nantinya akan bersandar di Toya Pakeh.

 

3. FAST BOAT

 

TIPS-SAFE-TRAVELING-TO-NUSA-PENIDA

 

Buat kita yang ogah berlama-lama mengarungi lautan di atas kapal, alat transportasi yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Perjalanan dengan fast boat hanya memerlukan waktu 30 menit perjalanan, tapi biaya yang dikeluarkan lebih mahal, sekitar Rp65 ribu. Fast boat ini berangkat dari pelabuhan Padang Bai yang berada dekat dengan kapal Roro. Menempuh perjalanan yang relatif lebih cepat, nantinya fast boat ini akan bersandar di pelabuhan Buyuk.

Ada opsi lain nih buat kalian yang menginap di Kuta tapi mager melakukan perjalanan 1 jam sampe ke Padang Bai. Kita juga bisa menuju ke pelabuhan Sanur dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 10 menit. Di pelabuhan Sanur kita bisa menggunakan fast boat express dengan tujuan Banjar Nyuh dan pelabuhan Buyuk. Jam operasional di pelabuhan Sanur ini dimulai dari am 08.00 sampe 16.00 yang juga menyesuaikan dengan kondisi di laut.

 

4. CRUISE

 

TIPS-SAFE-TRAVELING-TO-NUSA-PENIDA

 

Untuk pilihan alat transportasi yang ini kita harus rela merogoh kocek agak dalam. Perjalanan menggunakn Cruise ini akan dimulai dari Pelabuhan Benoa. Sebagian besar cruise bertujuan ke Nusa Lembongan kecuali Quicksilver cruiseyang mendarat di Toya Pakeh. Alat transportasi ini lebih sering digunakan wisatawan yang ingin berplesiran ke daerah wisata Nusa Lembongan. Ada beberapa cruise yang melayani rute Benoa – Nusa Lembongan antara lain; Bali Hai Cruise, Bounty Cruise, Sail Sensation, dan Marina.

FYI nih guys, tempat penginapan di Nusa Penida nggak begitu banyak pilihan kayak di Bali dan range harganya emang lumayan mahal. Jadi, sebisa mungkin kalo budget kita mencukupi, lebih baik booking dulu tempat penginapan yang sesuai keinginan kita dari sebelum berangkat. Kalo kita memilih untuk backpackeran dan budget nggak mencukupi untuk menyewa penginapan, disarankan membawa perlengkapan tenda. Jadi, kita bisa camping di beberapa spot yang proper di Nusa Penida, kayak di bukit yang ada di Klingking Beach.

Buat kendaraan yang bakal dipake di sana untuk explore Nusa Penida juga harus well planned. Di sana nggak ada angkutan umum, jadi pilihannya cuma ada 2, motor atau mobil. Kita juga pasti udah paham perbedaan harga dan kenyamanan dari masing-masing kendaraan tsb. saran untuk yang mempunyai bugdet besar,lebih  baik sewa mobil. Karena jalanan di Nusa Penida belum cukup baik, jadi kalo naik motor akan memakan waktu explore lebih lama dan harus extra hati-hati karena jalanannya yang nggakmulus.

 

 

# EXPLORE NUSA PENIDA

1. MATA AIR TEMBELING

 

TIPS-SAFE-TRAVELING-TO-NUSA-PENIDA

 

Dari pelabuhan yang ada di Nusa Penida, kita terlebih dahulu harus menempuh jarak sekitar 35 kilometer ke arah barat. Nggak sampe di situ saja, kita juga harus trekking sepanjang 1,6 kilometer. But no need to be worry, semua kelelahan yang sudah dilalui akan terbayar lunas ketika melihat keindahan yang ada di Mata Air Tembeling ini. Untuk melepas lelah, kita bisa bermain air dan berendam sepuasnya di kolam alami yang berukuran cukup besar ini.

 

2. PRIVATE POOL ANGEL’S BILLABONG

 

TIPS-SAFE-TRAVELING-TO-NUSA-PENIDA

 

Tempat ini merupakan muara akhir dari sebuah sungai di  Nusa Penida yang bermuara terlebih dahulu sebelum air sungai tersebut sampai ke lautan lepas. Di muara sungai ini permukaan airnya sangat tenang dan jernih. Selain itu terdapat pula cerukan-cerukan yang membentuk kolam secara alami yang sangat indah dan cantik. mungkin tempat seperti ini belum tentu dapat ditemukan di tempat lain. Tapi ada sih yang agak mirip-mirip, letaknya di Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung. Angel’s Billabong ini terlihat lebih eksotis dengan batu karangnya yang sangat artistik.

 

3. PANTAI PASIH UUG

 

TIPS-SAFE-TRAVELING-TO-NUSA-PENIDA

 

Masih banyak tempat di Nusa Penida ini yang menjanjikan keindahan alam dan bakal bikin kita terpesona jika melihatnya. Salah satunya adalah pantai Pasih Uug alias Broken Beach yang nggak boleh kita lewatkan jika berkunjung ke pulau ini. Kenapa bisa dinamakan Beach Broken? Ini karena pantai ini memiliki sebuah tebing yang berlubang pada bagian tengahnya dengan ketinggian 50-200 meter, sehingga membentuk seperti sebuah terowongan raksasa yang berada di tengah laut. Hal itulah yang menyebabkan pantai Pasih Uug juga dikenal dengan nama Pantai Patah alias Broken Beach.

 

4. PURA DALEM PED

 

TIPS-SAFE-TRAVELING-TO-NUSA-PENIDA

 

Salah satu obyek wisata spiritual di Bali lainnya yaitu adalah Pura Dalem Ped, tempat ini merupakan sebuah Pura yang terkenal di seluruh pelosok Pulau Bali, yang terletak di Desa Ped, Sampalan, Nusa Penida. Pura Dalem Ped disepakati sebagai Pura Kahyangan Jagat oleh masyarakat sekitar. Pura ini selalu dipadati oleh penduduk untuk memohon keselamatan, kesejahteraan, kerahayuan, dan ketenangan. Pura Dalem Ped juga sangat terkenal sebagai salah satu objek wisata spiritual yang paling diminati masyarakat bali khususnya.

GG

 

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami