Olahraga

Masuknya Shorinji Kempo di Kota Tegal yang Melegenda

BTN iklan

TEGAL, (LEI) – Sekitar tahun 1980 an Senpai. Antonius Maun ( 1 DAN ) seorang kenshi yang  berasal dari Semarang melanglang buana sampai di kota Tegal dan singgah / kontrak di sekitar kampung merapen / kalibuntu dekat alun alun Kota  Tegal , dan dalam bermasyarakat Senpai Maun berinteriaksi dengan lingkungan  sekitar dengan baik .

Pada suatu ketika bertemulah Senpai Maun dengan pemuda  pemuda kampung yang  kurang suka dengan sepak terjang Senpai Maun di kampung tersebut , dan akhirnya terjadilah sebuah peristiwa di mana pemuda kampung tersebut mengeroyok Senpai Maun dengan berkelahi . Tanpa di sangka Senpai Maun mengeluarkan jurus / teknik Kempo untuk menghadapi beberapa pemuda kampung tersebut dan akhirnya para pemuda itu di banting , di lipat dan dikunci dengan teknik Kempo , sehingga pemuda pemuda tersebut kalah dengan Senpai Maun. Akhirnya para pemuda tersebut minta ampun atas ulah yang di buat dan mereka bertanya tanya apa beladiri yang di kuasai oleh Senpai Maun ini .

Kemudian salah satu pemuda itu menanyakan dan kepingin belajar beladiri apa yang di kuasai oleh Senpai Maun. Senpai maun menyampaikan bahwa yang dia kuasai adalah beladiri shorinji kempo beladiri yang berasal dari jepang, pemuda tersebut sangat antusias mendengarkan apa yang disampaikan sinpai maun, setiap hari datang menemui senpai maun ingin balajar beladiri tersebut, hingga pemuda itu akrab  dengan Senpai Maun, walau demikian senpai maun tidak serta merta mau mangajari pemuda tersebut belajar shorinji kempo, tetapi Senpai Maun mau akan mengajarkan Shorinji Kempo dengan syarat pemuda itu membawa teman temannya untuk belajar bersama .

Senpai Darmaji
Senpai Darmaji

Akhirnya pemuda itu membawa sekitar puluhan orang pemuda ( termasuk preman preman ) untuk belajar  Shorinji Kempo bersama. Setelah berjalan waktu, banyak pemuda pemuda yang tidak kuat dengan Teknik kempo yang di ajarkan oleh Senpai Maun walau dirasa berat tetapi pemuda pemuda ini tidak menyerah, berlatih dan berlatih terus mengasah kemapunan, makin lama makin banyak pemuda yng ikut kempo, pada akhirnya senpai maun meminta bantuan Senpai Joko (waktu itu Kyu 3 / Hijau ), untuk membantu melatih para pemuda kota tegal hingga Beberapa waktu kemudian bergabunglah Senpai Darmaji ( 1 DAN ) seorang kenshi yang bekerja di Direktorat Pajak Kota Tegal.

Senpai Joko
Senpai Joko

Akhirnya setelah mulai berkembang Shorinji Kempo waktu itu dimulai dengan luas di buka Dojo Tegal yang berlatih di tempat parkiran Kantor Pajak Kota Tegal. Selang berjalannya waktu tempat latihan / Dojo pindah dari Kantor Pajak Kota Tegal ke Pelataran / komplek Pemda Kota Tegal (dulu Pendopo Kigede Sebayu Kotamadya Tegal ) seiring bergabungnya Senpai. Wiseno Aryadi ( 1 DAN ) . Dojo Kota Tegal berjalan berlatih di Pendopo Kigede Sebayu sampai sekitar tahun 1998 kemudian pindah lagi di Komplek Gor Wisanggeni Kota Tegal mulai tahun 2010 sampai dengan sekarang. [PERKEMI JATENG]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 − ten =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami