Finansial

Masyarakat Kelas Menengah yang Terdampak Covid-19 akan Diberi Bantuan ?

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Pemerintah kini sedang mempersiapkan skema pemberian bantuan kepada kelas menengah atau Usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terdampak virus corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BKF Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu. Menurutnya anggaran yang disiapkan sekitar Rp150 triliun yang masuk dalam stimulus III.

“Jadi sekitar Rp150 triliun yang masih digodok tapi bisa indikasikan untuk relaksasi dan stimulus untuk UMKM ini yang akan kita kejar,” ujar dia dalam video conference di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Dia menjelaskan pemerintah sudah menyiapkan anggaran stimulus III sebesar Rp405,1 triliun. Di mana sekitar Rp75 triliun untuk insentif tenaga kesehatan dan penanganan kesehatan.

“Dan sekitar Rp110 triliun untuk social safety net. Seperti BLT, sekitar Rp70,1 triliun untuk dukungan industri seperti pemotongan pajak dan Rp150 untuk program pemulihan ekonomi nasional,” ungkapnya.

Lanjut dia, dalam waktu dekat prioritas dan skema dana Rp150 triliun untuk program pemulihan ekonomi nasional ini juga akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

“Kita sampaikan ke Presiden Jokowi. Ini tujuannya ke arah kelas menengah yang UMKM-nya,” jelas dia.

Dia menambahkan anggaran yang Rp150 triliun itu akan dimanfaatkan untuk memberikan bantuan masyarakat kelas menengah dan UMKM khususnya di sektor informal. “Yang tidak mendapat bantuan perlindungan sosial yakni PKH, kartu sembako, dan lainnya,” tandas dia.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami