EkonomiLiputan

Masyarkat Dilarang Bangun Kandang Ternak Dekat Pemukiman

BTN iklan

Mukomuko, 3/2 (Antara) – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memperingatkan masyarakat setempat agar tidak membangun kandang hewan ternak dekat pemukiman penduduk di daerah itu.

“Peraturan daerah (Perbup) ini tidak hanya melarang hewan ternak dilepasliarkan di jalan raya dan fasilitas umum, termasuk membangun kandang hewan ternak dekat pemukiman penduduk,” kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko, Ramdani di Mukomuko, Sabtu.

Pemerintah daerah setempat sudah memiliki Perda Nomor 26 tahun 2011 tentang larangan melepasliarkan hewan ternak di jalan raya dan fasilitas umum di daerah itu.

Namun perda itu masih banyak kelemahan karena belum mengatur secara spesifik tentang larangan membangun kandang hewan ternak dekat pemukiman penduduk di daerah itu.

Untuk itu, ia mengatakan, instansinya telah mengusulkan peraturan bupati yang mengatur tentang larang membangun kandang hewan ternak dekat pemukiman penduduk.

Selain itu, katanya, menertibkan kandang hewan ternak dekat pemukiman penduduk yang belum mengantongi izin tetangga, kelurahan dan kecamatan.

Perbup itu juga mengatur tentang penjualan hewan ternak yang telah ditertibkan oleh petugas tetapi belum ditebus oleh pemiliknya.

“Dalam perbup itu ada kemudahan bagi petugas melelang hewan ternak yang telah ditertibkan,” ujarnya.

Ia menerangkan, perbup itu diharapkan dapat mengatasi hewan ternak yang dilepasliarkan di jalan raya dan fasilitas umum di daerah itu.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami