InternasionalTekno

MediaTek Siapkan Helio P70 dengan NPU Terdedikasi

BTN iklan

(LEI)-Seperti yang sudah kami umumkan sebelumnya, berbagai vendor SoC (System On Chip)  saat ini sedang menyiapkan rencana untuk menghadirkan komponen Neural Processing Unit (NPU) terdedikasi. Komponen NPU tersebut dipercaya menghadirkan kemampuan prosesing AI yang andal untuk smartphone.

MediaTek sebagai salah satu produsen SoC dikabarkan tengah menyiapkan SoC Mediatek Helio P70 yang akan hadir sebagai penerus dari Helio P60 yang sudah dirilis sebelumnya. Dalam hal spesifikasi, Helio P70 tidak memiliki perubahan yang signifikan, yang mana masih menggunakan konfigurasi 8 Core CPU yang terdiri dari 4x ARM Cortex A73 dan 4x ARM Cortex A53. Sedangkan untuk GPU menggunakan ARM Mali G72.

Perbedaan baru terlihat dimana untuk Helio P70 menggunakan komponen NPU terdedikasi. NPU yang ada di Helio P70 akan menggantikan peran APU (AI Processing Unit)  terdedikasi yang ada di Helio P60. Walaupun keduanya sama-sama di desain untuk prosessing AI di perangkat, komponen NPU dipercaya memiliki performa lebih baik dibandingkan APU.

Berbagai pengamat menyebutkan, MediaTek Helio P70 dihadirkan sebagai jawaban untuk pesaing Qualcomm yakni Snapdragon 710 yang mulai digunakan di smartphone kelas menengah dan mulai menggantikan peran Snapdragon 660. Kedua SoC Snapdragon ini juga sama-sama mengunggulkan fitur prosessing AI melalui dukungan Snapdragon AIE (AI Engine).

Tidak hanya menghadirkan NPU di SoC kelas menengah, melalui Helio P70, MediaTek juga kabarnya telah memulai uji coba SoC dengan fabrikasi 7nm FinFET terbaru dan diberitakan akan memulai produksinya pada akhir tahun ini. (jagatreview)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close