Olahraga

Membedah Kekuatan Sayap Timnas

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Timnas Indonesia mempunyai pemain dengan skill merata di pos sayap serangan. Dari stok empat pemain, siapa yang akan menjadi starter di laga-laga Piala AFF 2018?

Irfan Jaya, Febri Hariyadi, Riko Simanjutak, dan Andik Vermansah merupakan deretan pemain sayap yang masuk ke dalam daftar 23 nama pemain untuk Piala AFF 2018. Boleh dibilang, kemampuan keempat pemain itu merata.

Dalam tiga pertandingan terakhir timnas bersama Bima Sakti, Febri dan Irfan menjadi pilihan utama. Keduanya juga merupakan andalan Timnas Indonesia U-23 saat masih menjadi besutan Luis Milla.

Irfan menunjukkan performa yang oke saat Indonesia mengalahkan Myanmar dengan skor telak 3-0. Dalam pertandingan di Stadion Wibawa Mukti, pemain Persebaya Surabaya itu menyumbangkan dua gol, yang juga merupakan gol pertama untuk Timnas senior.

Finishing, kecepatan dan kemampuan melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti lawan menjadi keunggulan Irfan.

Febri merupakan tipe pemain yang bisa menarik perhatian pemain belakang lawan dalam beberapa pertandingan bersama Timnas. Kecepatannya di tepi lapangan merepotkan fullback.

Di SEA Games 2017, Febri membuktikan diri sebagai penembak jitu. Dia membantu Indonesia menaklukkan Kamboja 2-0, salah satu gol di laga itu merupakan hasil sepakan jarak jauhnya.

Gol ke gawang Singapura dalam ujicoba menatap Asian Games 2018 menjadi bukti lainnya. Tendangan-tendangan dari luar kotak penalti ini bisa menjadi pemecah kebuntuan Timnas.

Riko merupakan winger jempolan bersama Persija Jakarta di Liga 1 2018. Sudah bermain 25 kali untuk Macan Kemayoran, dia mampu mencatatkan sebanyak 3 gol dan sembilan assist.

Kemampuan dribble menjadi salah satu senjata Riko selain kelincahan yang bisa merepotkan barisan pertahanan lawan.

Sementara dari sisi pengalaman, Andik jelas menjadi yang terdepan. Ini merupakan Piala AFF keempat untuk eks pemain Selangor FA dan Kedah FA itu. Soal kecepatan dan kelincahan, Andik juga bisa bersaing dengan tiga kompatriot di skuat Garuda.

Pelatih Timnas, Bima Sakti, jelas akan dibuat pusing untuk menentukan pemain yang akan diturunkan di laga-laga Grup B Piala AFF 2018. Pada laga pertama Grup B, Singapura yang akan menjadi lawan Indonesia. Laga itu akan berlangsung di National Stadium, Jumat (9/11/2018) malam WIB. Setelah itu, Timor Leste, Thailand, dan Filipina yang akan menjadi lawan selanjutnya.

“Lini sayap Timnas Indonesia semua bagus. Kami memiliki empat pemain sayap yang menurut saya siap,” kata Bima Sakti terkait kualitas barisan sayap Indonesia.

“Ada Andik, Riko, Febri, dan Irfan Jaya. Jadi lihat saja nanti bagaimana, kondisi soal siapa yang akan kami turunkan,” dia menambahkan.

[Detik.com]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close