Internasional

Membela Diri, AS Dukung Israel Gempur Suriah

BTN iklan

WASHINGTON – Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan Washington sangat mendukung hal Israel untuk membela diri. Pernyataan itu dikeluarkan setelah Israel menyatakan telah menyerang 12 sasaran milik Iran dan Suriah di negara yang dilanda perang saudara tersebut, termasuk sistem pertahanan udara rezim Damaskus.

“Amerika Serikat sangat prihatin dengan meningkatnya kekerasan pada hari ini di perbatasan Israel dan sangat mendukung hak kedaulatan Israel untuk membela diri,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert.

“Eskalasi ancaman yang diakselerasi Iran dan ambisinya untuk memproyeksikan kekuatan dan dominasinya, menempatkan semua orang di wilayah ini – dari Yaman sampai Lebanon – beresiko,” imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (11/2/2018).

Sebelumnya Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan, negara Zionis itu akan mempertahankan diri dari serangan apapun dan upaya untuk melanggar kedaulatannya. Pernyataan itu dikeluarkan setelah terjadi eskalasi antara Israel dengan Suriah.

Militer Israel mengumumkan pada hari Sabtu bahwa salah satu pesawat tempur mereka telah ditembak jatuh oleh pasukan Suriah, yang memicu meningkatnya ketegangan antara kedua negara. Militer mengindikasikan bahwa pesawat tersebut ditembak jatuh setelah mereka melakukan serangan terhadap pesawat tak berawak sebagai pembalasan kepada Iran yang mengirimnya ke wilayah Israel.

Pasca insiden itu, pesawat-pesawat jet tempur Tel Aviv membombardir wilayah Suriah sesaat setelah jet tempur F-16 Israel ditembak jatuh militer Damaskus dengan rudal anti-pesawat pada hari Sabtu. Setidaknya 12 serangan udara dilancarkan Israel dengan target posisi pasukan Teheran dan Damaskus di Suriah.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

9 Comments

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami