LiputanNasional

Mendagri akan Undang Seluruh Daerah Penyelenggara Pilkada

BTN iklan

MANOKWARI, (LEI/Antara) – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan mengundang seluruh pimpinan daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2017.

Pelaksana Tugas Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Papua Barat Baesara Wael di Manokwari, Kamis, mengatakan, pertemuan yang akan dilaksanakan di Jakarta tersebut akan membahas rencana pelantikan para kepala daerah yang terpilih pada Pilkada tahun ini.

Dia mengutarakan, terkait rencana tersebut pemerintah Papua Barat sedang melakukan persiapan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih, Dominggus Mandacan-Mohammad Lakotani.

“Kami belum memperoleh informasi resmi dari pusat. Nanti pada pertemuan tersebut kita akan mendapat petunjuk langsung dari bapak Menteri,” kata Baesara.

Dia menyebutkan, pelantikan para kepala daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota hasil pilkada 2017 akan dilaksanakan secara serentak dalam beberapa tahap. Tahapan pelantikan tersebut akan dibahas antara menteri bersama 101 daerah penyelenggara pilkada dalam pertemuan tersebut.

Menurut dia, surat keputusan (SK) tentang gubernur dan wakil gubernur Papua Barat sudah dalam proses akhir di Kementerian Sekretaris Negara.

“Berkasnya sudah di Sesneg dan SK-nya tinggal menunggu tandatangan bapak presiden,” katanya.

Tidak menutup kemungkinan, pelantikan Gubernur Papua Barat akan dilaksanakan pada tahap pertama pada Mei 2017. Begitupun bupati dan wakil Bupati Tambrauw.

Pilkada serentak di Papua Barat dilaksanakan untuk memilih gubernur dan wakil gubernur serta kepala daerah di Kota Sorong, Kabupaten Tambrauw, Sorong dan Maybrat.

“Saat ini, Pilkada Maybrat masih berperkara di MK (Mahkamah Konstitusi). Pelantikan Bupati Maybrat kemungkinan di tahap tiga antara Oktober dan Desember, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong tahap dua antara Juni atau Juli,” katanya lagi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami