BTN iklan
LiputanNasional

Mendagri Angkat Bicara Mengenai Tanggap Darurat Wilayah Gempa Sulawesi

Tjahjo Kumolo optimis Sulawesi bisa pulih kembali secepatnya

JAKARTA, (LEI) – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa dirinya telah mengirim radiogram ke semua jajaran pemerintah daerah Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat, hingga Kalimantan Timur yang isinya segera menyatakan daerah Sulteng adalah Daerah Bencana.

Dengan adanya penetapan status sebagai Daerah Bencana, maka bisa mengeluarkan pos anggaran untuk bencana, juga melancarkan administrasi dan tata kelola turunnya bantuan dari pemerintah pusat.

“Arahan bapak Presiden dan pak Menko memprioritaskan evakuasi dulu yang masih tertimbun, yang belum terdata, menerima laporan masyarakat yang kehilangan keluarganya, yang sakit juga ada”, terang Tjahjo Kumolo ketika ditanya tentang prioritas pemerintah dalam menangani bencana di Sulawesi Tengah.

Mendagri mengatakan bahwa pihak BNPB memastikan seluruh bantuan pada Minggu (30/9/2018) sudah harus masuk.

“Seluruh kementerian lembaga harus langsung terjun memastikan semua bisa tertangani dengan cepat”, ujar Tjahjo.

“Tugas kami adalah dalam perencanaan anggaran. Perencanaan anggaran di (pemerintah) daerah harus menginventarisasi daerah-daerah mana yang rawan bencana. Begitu ada kejadian, daerah bisa cepat tanggap darurat. Tidak usah menunggu pemerintah pusat. Itu mempercepat proses”, lanjutnya.

Pemerintah akan secepatnya menjalankan tata kelola pemerintahan kembali, sekecil apa pun. Baik di tingkat provinsi, kota, sampai tingkat desa.

Tjahjo Kumolo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama gotong royong dan saling membantu dan saling mendoakan sesama warga Indonesia, saudara kita bersama.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close