LiputanNasional

Mendagri : Fokus Membangun Kalimantan Yang Sangat Berpotensial Dalam Segala Bidang

BTN iklan

Jakarta/lei Dengan luas total 544.150 kilometer persegi serta total pulau 743.330 kilometer persegi menjadikan Kalimantan sebagai salah satu pulau terbesar.
Dengan modal besar yang tidak dimiliki wilayah lain tersebut, membuat Kalimantan sangat potensial di segala bidang.

Atas dasar itu, dalam Musyawarah Pembangunan Nasional (Musrenbang) regional Kalimantan di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (18/4/2017), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membeberkan beberapa hal yang menjadi fokus untuk didiskusikan dalam program pembangunan Kalimantan.Hasil gambar untuk mendagri kalimantan

Pertama, untuk Kalimantan Utara fokus pada kesejahteraan masyarakat, meningkatkan perekonomian rakyat yang berkelanjutan, dan meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas, menjaga kedaulatan negara, dan mewujudkan penegakan hukum serta mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel dan terakhir mewujudkan pelayanan publik yang prima.

Di samping itu, untuk Kalimantan Timur terkait dengan pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Kalau Kalimantan Timur jelas masalah SDM harus jauh lebih mandiri dan daya saing tinggi dan mewujudkan daya saing ekonomi.
Mewujudkan infrastruktur dasar, tata kelola pemerintahan dan kualitas,ulas Tjahjo.

Sementara, menurut Mendagri, untuk Kalimantan Tengah, berkaitan dengan fokus pada pemantapan tata ruang wilayah, pengelolaan sumber daya air, pesisir, dan pantai.

Kemudian menyusul pada pengendalian inflasi, pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, pemantapan tata kelola pemerintahan daerah, pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam dan terakhir pengelolaan pendapatan daerah,ujar Tjahjo.

Untuk Kalimantan Selatan, lanjut Mendagri, berkaitan dengan pengembangan ekonomi kearah industri dan perdagangan, yang berbasis pada potensi agraris dan kerakyatan dengan dukungan transportasi yang baik.
Prasarana dan sarana pembangunan harus relatif merata pada berbagai wilayah pembangunan, ucap Tjahjo.

Untuk itu, Mendagri berharap dalam musrenbang tersebut adanya penyerasian dan penyelarasan program pembangunan.
Kalimantan diminta untuk terus menjalin komunikasi dengan DPRD dan juga memastikan perencanaan, anggaran, pelaksanaan, dan evaluasi program.

Demi mewujudkan hal-hal semacam ini kami mengulangi kembali, lewat musrenbang dari bawah ini merencanakan perencanaan program kerja baik di tingkat II maupun I hukumnya wajib ke DPRD,” pungkas Tjahj

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close