Politik

MENDAGRI: PLT GUBERNUR PERKUAT PROGRAM PEMBANGUNAN DAERAH

BTN iklan

Jakarta/Lei – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berpesan kepada para pelaksana tugas (Plt) gubernur untuk memperkuat program pembangunan di daerah dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017.

“Tugas plt gubernur dalam penyusunan APBD adalah menjabarkan program prioritas nasional yang tertuang dalam Nawacita ke dalam program daerah. Salah satunya memperkuat pembangunan daerah dengan fokus pada urusan wajib pelayanan dasar, yaitu infrastruktur, pendidikan, kesehatan, keamanan, ketertiban dan sosial,” kata Tjahjo melalui pesan singkat yang diterima Antara di Jakarta, Rabu malam.

Mendagri juga menekankan agar para plt gubernur dapat mendorong daya saing daerah dalam pembahasan anggaran bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dengan mengupayakan efisiensi, serta mempermudah dan mempercepat perizinan maupun memberantas pungutan liar.

Terkait dengan persoalan itu, para pejabat sementara ini juga dituntut membangun komunikasi politik anggaran yang baik dengan DPRD, guna menyamakan perspektif pembangunan dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam perencanaan anggaran 2017, jelasnya.

“Program yang dicanangkan oleh kepala daerah yang lama, tentunya harus bisa dilanjutkan oleh penjabat yang baru, agar terdapat kesinambungan pembangunan antar waktu,” ujar Tjahjo kemudian.

Mendagri juga mengimbau masing-masing inspektorat daerah untuk memeriksa dokumen pelaksanaan anggaran 2016, guna mencegah penyimpangan APBD.

“Terakhir, saya harapkan agar tepat tanggal 1 Januari 2017, APBD sudah bisa dilaksanakan, tentunya dengan mempersiapkan administrasi percepatan tender pengadaan barang dan jasa sesuai ketentuan perundang-undangan,” tegasnya.

Tjahjo menilai ketepatan waktu dalam menjalankan APBD merupakan hal yang penting, karena anggaran daerah itu menjadi stimulus bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga berpeluang membuka kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan, serta menciptakan kesejahteraan rakyat.

Perlihatkan Lebih

One Comment

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami