Nasional

Mendagri: Semua Pihak Harus Lawan Teror

BTN iklan

Jakarta, LEI – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak seluruh elemen bangsa untuk melawan aksi teror terhadap aparat keamanan karena ini bukan hanya tanggung jawab pihak kepolisian.

“Teror terhadap aparat keamanan harus dilawan tidak hanya oleh aparat kepolisian, tapi oleh seluruh masyarakat,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/7).

Seluruh elemen harus terlibat mencegah aksi terorisme karena penyerangan terhadap aparat kepolisian seperti yang terjadi di Mapolda Sumatera Utara (Sumut) dan dua orang anggota Brimob di Masjid Faletehan membuat semua pihak harus waspada.

Menurut Tjahjo, keterlibatan seluruh elemen masyarakat juga merupakan dukungan terhadap Polri yang melakukan konsolidasi internal dan eksternal, termasuk dengan intelijen dan TNI.

“Langkah tegas Kapolri ke dalam untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan terpadu aparat kepolisian dengan meningkatkan berbagai upaya deteksi dini intelijen dan semua pihak. Polri, TNI, dan elemen masyarakat harus bersama-sama melawan teror,” imbaunya.

Secara khusus Tjahjo memerintahkan seluruh jajarannya di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), termasuk pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota untuk meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak.

“Meningkatkan koordinasi forum komunikasi pimpinan daerah bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat setempat,” katanya.

Tjahjo juga memerintahkan jajaran Satpol PP harus ikut mengamankan wilayah di bawah koordinasi pihak kepolisian setempat dan meminta warga agar meningkatkan siskamling.

“Di tingkat RT, RW, kelurahan atau desa harus dimulai diaktifkan siskamling. Warga setempat mencermati keadaan lingkungan,” katanya.

Warga diimbau segera melapor kepada pihak kepolisian setempat (polsek) atau TNI (koramil) jika menemukan gerak gerik pihak tertentu yang mecurigakan.

“Penyerangan terhada aparat kepolisian baik di Jakarta dan Medan kita yakin Polri mampu membongkar siapa yang harus bertanggung jawab atas penyerangan tersebut,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami