HEADLINESHukum

Mendagri Siap Dikonfrontir Dengan Neneng Terkait Meikarta

BTN iklan

JAKARTA, LEI– Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan dirinya memang memberikan instruksi kepada Bupati Bekasi (non aktif) Neneng Hasanah untuk menyelesaikan proyek Meikarta sesuai dengan perizinan yang berlaku.

Tjahjo menyatakan bahwa dirinya memang secara terbuka, walaupun lewat telepon, seusai Rapat terbuka di Kemendagri. “Memang benar saya meminta kepada Ibu Bupati Neneng terkait dengan perizinan Meikarta agar diselesaikan sesuai ketentuan aturan yang berlaku,” kata Tjahjo, Senin (14/01) malam.

Kewenangan memberikan izin investasi daerah menurut Tjahjo ada di tangan Bupati. “Dan Ibu Bupati juga menjawab demikian, sesuai peraturan izin yang berlaku,” ujarnya.

Tjahjo juga menyatakan ia tidak masalah bila Pengadilan Tipikor memerlukan kesaksiannya. “Ya gak masalah dikonfrontir sama Ibu Bupati, karena percakapan itu juga tidak bermasalah karena kewenangan izin dari Bupati, maka ya tolong bantu sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Dalam sidang dugaan suap perijinan proyek Meikarta di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (14/01) kemarin, tersangka Bupati Bekasi (non aktif) Neneng Hasanah menyatakan bahwa Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta kepada dirinya untuk membantu pengurusan perizinan Meikarta.

Sementara itu DR. ST Laksanto Utomo S.H., M.H., Peneliti dan Konsultan Hukum memberi komentar bahwa sebagai Mendagri peran Pak Tjahjo sudah benar memfasilitasi agar Bupati dan Pengusaha bertemu untuk membicarakan permasalahan mengapa ijin ada masalah. Justru hal ini menjadi lebih terbuka dan obyektif tidak ada kongkalikong pejabat dan pengusaha. Permasalahan timbul karena pengusaha yang belum memenuhi persyaratan administratif dan sesuai kondisi di lapangan tetapi minta REKOMENDASI untuk segera dikeluarkan ijin. Hal-hal inilah yang sering dimanfaatkan pejabat dan pengusaha untuk kongkalikong, masih untung KPK mengendus hal-hal yang tidak sesuai.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − one =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami