Liputan

Mendikbud Pernah Makan Nasi Bungkus Bersama Daoed Joesoef

BTN iklan

Jakarta, LEI – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengenang dirinya pernah makan nasi bungkus bersama dengan mantan Mendikbud Daoed Joesoef.

“Saya kenal, walau tidak dekat, dengan pak Daoed Joesoef sewaktu beliau menjabat Menteri Pendidikan Nasional. Ketika itu saya bersama beberapa aktivis pers mahasiswa menjadi anggota redaksi koran Warta Mahasiswa, terbitan Depdiknas,” ujar Mendikbud saat dihubungi Antara dari Jakarta, Rabu.

Muhadjir menjelaskan dalam beberapa kali memberi pengarahan pada rapat redaksi.

“Pandangannya luas, visinya kuat, pikiran-pikirannya mendasar. Hidup dengan kesederhanaan. Beliau tidak sungkan ikut makan nasi bungkus bersama-sama sebelum rapat redaksi dimulai,” jelas dia.

Menurut Muhadjir, tidak mudah mencontoh seorang Daoed Joesoef, karena pada usianya yang sudah lanjut tetap produktif.

“Pikiran pikirannya yang jernih, radikal dan mendasar dan masih sering muncul di media massa,” katanya.

Mendikbud mengaku sejak diangkat menjadi menteri, dirinya belum bisa bersilaturahmi karena kesehatan Daoed Joesoef. Namun Daoed sering menyampaikan saran-saran melalui orang dekatnnya.

“Beliau telah memberi andil besar terhadap arah perjalanan pendidikan Indonesia, berkat kebijakan-kebijakan strategis yang beliau ambil pada saat menjabat sebagai menteri,” jelas Mendikbud yang saat ini berada di London.

Mendikbud Kabinet Pembangunan III periode 1978-1983 Daoed Joesoef menghembuskan nafas terakhirnya di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta pada Selasa (23/1) pukul 23.55 WIB dalam usia 91 tahun.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami