Lifestyle

Mengapa Harus Ada Sistem Kuota Internet?

BTN iklan

SEMARANG, (LEI/jalantikus) – Jika dulu saat masih jamannya featured phone kita cukup dengan menggunakan pulsa untuk berkomunikasi, sekarang kita masuk era smartphone yang segalanya menggunakan kuota internet.

Di tengah banyaknya paket internet berbasis kuota, mungkin beberapa di antara anda ada pertanyaan mendasar tentang apa itu kuota dan kenapa ada kuota dalam paket internet.

Apa itu Kuota? Kenapa Ada Kuota?

Kuota secara umum berarti jatah, batasan, atau jumlah yang ditentukan. Kuota dalam paket internet pun mengacu pada batasan banyaknya data yang bisa anda gunakan untuk proses upload atau download.

Mungkin anda pernah bertanya, kenapa ada kuota? Kenapa tidak dibuat unlimited saja? Jadi bisa internetan kapan pun dengan bebas tanpa khawatir kuota habis. Ada beberapa alasan kenapa ada kuota dalam paket internet.

1. Agar Bisa Mengontrol Pengeluaran Uang

Misal beli kuota 10 GB, lalu habis dalam 1 bulan. Dari sini harusnya anda bertanya, ngapain aja ya 1 bulan hingga habis 10 GB? Apakah anda streaming video? Download video? Atau streaming musik? Atau sekedar eksis di Facebook dan Path? Atau terlalu asyik chatting?

Jika sudah diketahui penyebabnya, coba kurangi kebiasaan yang menghabiskan banyak kuota data anda. Tujuannya agar pengeluaran anda tidak membengkak hanya untuk membeli kuota internet.

2. Untuk Jadi Patokan Mengontrol Diri

Jika ternyata kuota internet yang anda habiskan melebihi batas kuota normal, itu sudah jadi tanda-tanda bahwa anda kecanduan smartphone. Dan juga coba periksa jadi kelingking anda, jika bengkok berarti anda kebanyakan chat sehingga kuota internet cepat habis.

sindrom smartphone pinky (6)
Sindrom smartphone yang dikenal sebagai sindrom pinky, Kenapa dinamakan pinky? Karena kelingking terlihat kemayu/ngondek (*jalantikus)
sindrom smartphone pinky (1)
Jari kelingking terus menerus diberi beban ketika menggunakan smartphone, tergantung kebiasaan para pengguna.

3. Karena Operator Bukan Perum

kenapa-ada-kuota-2

Apa anda familiar dengan paket unlimited? Jika iya, pernahkah anda bertanya kenapa ada kuota dalam paket unlimited? Kuota dalam paket unilimited ini adalah batasan akses internet dengan kecepatan maksimum. Jadi, apabila anda sudah menggunakan internet di atas kuota yang telah ditentukan, maka kecepatannya akan turun dengan drastis; tapi anda tetap bisa internetan dengan gratis. Batasan ini dikenal dengan istilah FUP (Fair Usage Policy).

Lalu, kenapa operator menyediakan paket unlimited jika ada kuota? Karena operator bukanlah Perum yang dibiayai oleh negara. Operator memang melayani kepentingan publik, tapi sepenuhnya mereka juga mencari untung dari kantong sendiri. Sehingga wajar jika pada akhirnya mereka juga tidak mau rugi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami