HEADLINESLiputanNasional

Menhub Kampanye Keselamatan Mudik Libatkan Pesepeda

BTN iklan

JAKARTA, 29/4 (LEI) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengampanyekan keselamatan berkendara menjelang musim mudik Lebaran 2018 dengan melibatkan komunitas pesepeda dari Jakarta ke Surabaya.

“Sebentar lagi akan memasuki musim mudik Lebaran dan saya mengingankan tidak ada kecelakaan. Untuk itu, perlu adanya kampanye nol kecelakaan, antara lain, dengan gencarkan kampanye dan sosialisasi,” kata Menhub Budi Karya kepada pers usai acara pelepasan seratusan pesepeda di Jakarta, Minggu.

Hadir dalam kampanye itu Sekjen Kemenhub Sugihardjo dan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi.

Menurut dia, kampanye keselamatan bersepeda ini akan melewati sejumlah kota di Pulau Jawa yang ramai dilalui pemudik, seperti Cirebon, Semarang, Solo, Madiun, dan Surabaya.

Menhub mengatakan bahwa setiap kedatangan di kota-kota persinggahan, pesepeda akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya keselamatan.

“Nanti juga ada sosialisasi keselamatan kepada pengemudi bus dan angkot, juga melakukan uji kelaikan kendaraan umum,” katanya.

Di setiap kota, katanya, pesepeda juga akan bertemu dengan komunitas pesepeda di masing-masing kota yang juga melaksanakan kampanye kesehatan.

“Saya ingin menekan angka kecelakaan pada saat mudik, bahkan kalau bisa nol kecelakaan,” kata Menhub.

Pemerintah berharap dengan adanya kampanye ini pemudik yang mengendarai kendaraan bermotor bisa lebih hati-hati dan selalu mengecek kendaraan sebelum bepergian sehingga bisa menekan angka kecelakaan.

Dirjen Budi Setiyadi mengatakan bahwa tujuan touring juga untuk kesadaran pengendara dan edukasi agar masyarakat lebih disiplin berkendara sehingga selamat sampai tujuan.

Peserta touring sejumlah komunitas pesepeda dan didukung pemerintah dan swasta.

Touring Sepeda Mudik Lebaran ini dimulai pada tanggal 29 April 2018 dari Bundaran HI langsung menuju dan mampir di Terminal Harjomukri Cirebon pada tanggal 30 April.

Selanjutnya, tiba di Lawang Sewu Semarang pada tanggal 2 Mei, berikutnya tiba di Terminal Tirtonadi Solo pada tanggal 3 Mei, dan berakhir di Terminal Purbaya Surabaya dan Kampus ITS Surabaya pada tanggal 4 Mei. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Satu Komentar

  1. Having read this I believed it was really informative.

    I appreciate you spending some time and energy to put
    this information together. I once again find myself spending a significant amount of time both reading and leaving comments.
    But so what, it was still worth it!

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami