LiputanNasional

MENHUB: Kapasitas Program Mudik Gratis 2018 Meningkat

BTN iklan

JAKARTA, 5/4 (LEI)- Kementerian Perhubungan akan meningkatkan jumlah dan kapasitas bus, kereta api dan kapal hingga mendekati dua kali lipat pada Program Mudik Gratis 2018, khususnya bagi pengguna sepeda motor.

“Diharapkan ini mengurangi keinginan masyarakat untuk menggunakan sepeda motor untuk mudik karena kita tambah jumlahnya mendekati dua kali lipat,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Budi Karya usai rapat kabinet terbatas membahas persiapan Lebaran 2018 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, menyebutkan program mudik gratis bagi pengguna sepeda motor akan dilanjutkan dan ditingkatkan pada 2018.

Menhub juga menyebutkan pada mudik Lebaran 2018, dari Jakarta sampai Surabaya sudah akan terhubung oleh jalan tol.

“Itu sudah terhubung walaupun di beberapa segmen di Jawa Tengah dan Jawa Timur ada yang masih fungsional,” ucapnya.

Ia menyebutkan dengan adanya tol itu maka preferensi masyarakat untuk menggunakan jalan tol itu tinggi sekali.  “Jadi relevansi kami mengatur waktu mudik itu sangat beralasan dan kami juga sarankan selain waktu mudik yang lebih awal, menggunakan jalur selatan juga cukup menarik dan mudik menggunakan kapal juga menarik,” tuturnya.

Menhub juga menyebutkan sebagaimana yang sudah dilakukan pada tahun 2017, Kemenhub pada tahun 2018 akan membuat posko di Kemenhub.

“Ada juga posko di Kakorlantas dan posko di setiap titik kota penting seperti di Cirebon, Brebes, Tegal, pekalongan,” ujarnya.

Menurut dia, itu titik-titik penting yang ditetapkan dan diatur sehingga tempat itu dijaga dengan baik.

“Satu hal yang akan kita selesesaikan adalah kita akan mengupayakan tempat istirahat bagi mereka para pemudik khususnya yang menggunakan sepeda motor,” kata Menhub, menegaskan. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close