KesehatanLifestyle

Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tak Mudah Drop,Ini Siasatnya

BTN iklan

Jakarta/Lei – Penambahan suplemen dalam bentuk vitamin dan mineral dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan normal, terutama jika kebutuhan gizi dari asupan sehari-hari tidak tercukupi.

image article_1b_fin

Penyebab Turunnya Daya Tahan Tubuh dan Cara Mengatasinya

Sistem kekebalan tubuh Anda bisa saja menurun jika bakteri, virus, parasit, dan jamur menyerang tubuh. Semua itu tentunya bisa membuat Anda menjadi sakit. Beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh Anda, seperti wabah flu yang sering terjadi saat musim hujan (karena virus bertahan di udara lebih lama pada musim ini), mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang tidur, dan mengalami stres.  Perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar, seperti pergantian musim atau ketika masuk musim hujan, juga dapat mempermudah terjadinya infeksi.

Bagi Anda yang aktif melakukan segala aktivitas setiap harinya, tentu sangat mengganggu jika Anda mudah terkena batuk, pilek, dan kondisi yang memengaruhi daya tahan tubuh. Oleh karena itu, Anda harus menjaga daya tahan tubuh Anda dengan beberapa cara di bawah ini, di antaranya:

  • Cukupi kebutuhan cairan Anda.
  • Tidur yang cukup.
  • Konsumsi asupan sehat. Nutrisi yang tepat sangat penting bagi Anda, tujuannya agar sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik. Apa yang Anda konsumsi, bisa sangat memengaruhi kesehatan Anda.
  • Minum suplemen makanan atau vitamin, namun efek suplemen bagi kekebalan tubuh secara umum masih perlu diteliti lebih lanjut.
  • Rutin berolahraga. Orang-orang yang jarang beraktivitas dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan bermalas-malasan, terbukti lebih mudah terserang flu atau penyakit menular lainnya. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin berolahraga. Olahraga dipercaya mampu meningkatkan kebugaran Anda secara keseluruhan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, serta menghalau tubuh dari beragam penyakit dan infeksi.
  • Tidak merokok.

Zat-Zat Penting yang Terkandung dalam Suplemen

Bagi sebagian orang yang mungkin tidak mendapatkan asupan vitamin dari apa yang dikonsumsi, bisa mengonsumsi suplemen makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Akan tetapi, Anda harus mengonsumsi suplemen makanan atau multivitamin sesuai dosis yang disarankan.

Suplemen makanan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, setidaknya mengandung beberapa zat ini, di antaranya:

  • Beragam jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, seperti vitamin A, B, C, dan E.
  • Panax Ginseng
    Ginseng dipercaya sebagai salah satu obat herbal yang paling terkenal di dunia. Ginseng dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda, menurunkan kadar gula darah, mampu memperbaiki mood, serta mengatasi kelelahan dan tekanan darah tinggi.
  • Selenium dan Magnesium
    Selenium adalah mineral yang ditemukan di tanah, dan secara alami terkandung di air dan beberapa makanan. Selenium ini memiliki peranan penting dalam proses metabolisme Anda. Selenium rupanya dikenal karena sifat antioksidannya, yakni mampu melindungi sel dari kerusakan. Tak kalah penting dengan selenium, magnesium juga memiliki peranan penting bagi fungsi tubuh. Magnesium adalah mineral yang mampu membantu untuk menjaga tekanan darah tetap normal, tulang menjadi kuat, mengatur irama jantung tetap normal, hingga menjaga daya tahan tubuh Anda.
  • Echinacea Purpurea
    Erchinacea purpurea adalah obat herbal yang banyak digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, misalnya untuk pencegahan dan pengobatan flu. Penelitian menunjukkan bahwa herbal ini dapat mencegah flu dan mempercepat pemulihan.

Suplemen atau multivitamin cukup berperan untuk daya tahan tubuh Anda. Namun hal itu bukan berarti Anda boleh meninggalkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

  1. I have to thank you for the efforts you’ve put in penning this
    blog. I really hope to check out the same high-grade content by you later on as well.
    In fact, your creative writing abilities has encouraged me to get my very
    own website now ­čśë

  2. Hello there, I found your website via Google while looking for a related
    topic, your web site got here up, it appears to be
    like good. I have bookmarked it in my google bookmarks.
    Hi there, simply become aware of your weblog via Google, and
    found that it is truly informative. I’m gonna watch out for brussels.
    I’ll appreciate should you continue this in future. Many other folks will be benefited out of your writing.
    Cheers!

  3. Howdy would you mind letting me know which web host
    you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3 completely different browsers and I
    must say this blog loads a lot quicker then most. Can you suggest a good hosting provider at a reasonable price?
    Thank you, I appreciate it!

  4. Do you mind if I quote a few of your articles as long
    as I provide credit and sources back to your blog?
    My blog is in the exact same niche as yours and my visitors
    would truly benefit from a lot of the information you provide here.
    Please let me know if this alright with you. Thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close