BTN iklan
Hukum

MenPan-RB Inginkan Layanan PN Banyuwangi Masuk Mall Pelayanan Publik

BANYUWANGI, (LEI) – Selain berkunjung ke Polres Banyuwangi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur juga mengunjungi sejumlah pelayanan publik di Banyuwangi Senin (6/8/18). Diantaranya mall pelayanan publik dan Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi.

Asman Abnur mengapresiasi banyaknya perubahan positif dalam bidang pelayanan publik yang terjadi di Banyuwangi. Apalagi dengan adanya Mall Pelayanan Publik yang menyediakan berbagai layanan untuk masyarakat. “Saya berharap hal-hal lain bisa masuk di situ seperti paspor termasuk sertifikat lahan,” ujarnya Senin (6/8/18).

Selain Mall Pelayanan Publik, Asman Abnur juga mengunjungi pelayanan publik di Pengadilan Negeri Banyuwangi bersama Sekretaris Mahkamah Agung, Achmad Setyo Pudjoharsoyo. Kedua pejabat pusat ini mengapresiasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang ada PN Banyuwangi. “Kami mendorong pelayanan yang ada di Pengadilan Negeri bisa masuk ke Mall Pelayanan Publik,” ujar Asman Abnur.

Terkait hal ini, Humas PN Banyuwangi, Heru Setiyadi, menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemkab Banyuwangi terkait hal itu. Dia juga akan mempersiapkan layanan apa saja yang memungkinkan untuk bisa dibawa ke Mall pelayanan Publik. “Kami akan melakukan koordinasi lebih lanjut mengenai hal ini,” ujarnya ditemui di kantornya Senin (6/8/18).

Di PN Banyuwangi, lanjutnya, saat ini sudah ada PTSP. Dimana semua layanan yang diberikan kepada masyarakat bisa dilakukan dalam satu ruangan saja. Mulai pendaftaran perkara, pendaftaran kuasa hingga pembayaran uang panjar juga dilayani dalam satu ruangan saja. “Untuk membayar uang panjar bisa langsung dilakukan di loket Bank BTN yang ada di ruangan yang sama PTSP,” jelasnya.

Selain itu, PN Banyuwangi menurutnya saat ini sudah melayani E-Court. Dengan aplikasi E-Court ini, sejumlah pelayanan di Pengadilan bisa dilakukan secara online. Mulai pendaftaran perkara perdata, surat kuasa dan beberapa bentuk pelayanan hukum lainnya bisa dilakukan secara elektronik. Salah satu produk unggulan Mahkamah Agung RI ini diluncurkan sebagai salah satu cara untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan bertanggung jawab kepada masyarakat pencari keadilan yang ada di wilayah hukum banyuwangi. “Kedepannya dengan E-Court ini sidang perdata bisa dilakukan dengan sistem teleconference,” bebernya. [jatimTimes]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close