Nasional

MenPAN-RB: Membangun Sinergitas Kementerian dan Lembaga

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa Reformasi birokrasi merupakan bagian penting untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada, yaitu dengan menghapus pola piker linier, monoton dan terjebak dalam zona nyaman.

Hal tersebut disampaikan saat menjadi narasumber di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada acara pertemuan koordinasi membangun sinergitas Kementerian Lembaga di bawah Kemenko Polhukam dan kegiatan pembumian dan internalisasi Pancasila dengan tema materi “Sosialisasi SKB 11 Kementerian/Lembaga tentang Radikalisme dalam rangka Penguatan Wawasan Kebangsaan pada ASN” di Hotel Bidakara Jakarta, Senin 17/02.

(Sumber: tjahjokumolo.id)
(Sumber: tjahjokumolo.id)

“Kita membutuhkan terobosan untuk mengubah tata kelola pemerintahan, bukan hanya untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam skala nasional, tetapi juga masyarakat dunia yang bertujuan untuk mempertahankan laju ekonomi dan menarik peluang investasi, “ tegasnya.

Dalam paparannya Menteri Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya penegasan ideologi Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia agar ada satu arah bersama dalam perjalanan bangsa ke depan.

(Sumber: tjahjokumolo.id)
(Sumber: tjahjokumolo.id)

Arahan presiden yang menekankan pentingnya Pancasila sebagai ideologi bangsa dan menjadi panduan kebijakan ini perlu kita jabarkan agar para pemangku kebijakan di bawah presiden hingga bupati/wali kota berupaya membumikan Pancasila agar menjadi cara pandang, sikap dan perilaku kita sehari-hari–bukan sekadar indah dalam kata-kata.

(Sumber: tjahjokumolo.id)
(Sumber: tjahjokumolo.id)

Seperti yang kita ketahui bersama struktur birokrasi yang gemuk membuat pengambilan kebijakan dan keputusan lambat. Dalam kondisi seperti ini semakin besar pula kemungkinan mis komunikasi dan mis-koordinasi. Kerja birokrasi pun kian tidak fleksibel dan mahal biaya. Maka, penyederhanaan birokrasi dua level menjadi hal yang mendesak dilakukan. Ini semata, untuk mengembangkan profesionalisme aparatur.

Di satu sisi ASN memiliki peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dan negara.

(Sumber: tjahjokumolo.id)
(Sumber: tjahjokumolo.id)

Di saat negara ini sedang berupaya keras untuk mewujudkan Indonesia yang maju, pada sebagian kecil ASN muncul benih-benih radikalisme yang jika tidak ditangani dengan benar dan hati-hati akan tumbuh dan berkembang menyebar secara liar sehingga dapat mengganggu penyelenggaraan pemerintahan dan negara bahkan menimbulkan dampak perpecahan bangsa dan negara.

Disinilah kita perlu Membangun Sinergitas Kementerian/Lembaga dalam rangka Pembumian dan Internalisasi Pancasila dengan memahami bersama SKB 11 Kementerian/Lembaga tentang Radikalisme dalam rangka Penguatan Wawasan Kebangsaan pada ASN.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + 13 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami