KesehatanLiputan

Mensos: Pengidap HIV Jangan Putus Asa

BTN iklan

SUKABUMI, 25/5 (LEI) – Menteri Sosial Idrus Marham memberikan semangat kepada puluhan orang dengan HIV (ODHIV) yang tengah menjalani rehabilitasi di Panti Sosial Bina Mandiri Kahuripan Sukabumi, Jawa Barat.

“Jangan putus asa, ODHIV pun sama seperti kita punya hak dan kewajiban maka dari itu teruslah berinovasi dan tetap menjadi yang terbaik,” katanya saat kunjungan kerja ke Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, dalam safari kemanusiaan ini dirinya sengaja datang ke beberapa panti rehabilitasi sosial yang ada di Kabupaten Sukabumi baik di wilayah Kecamatan Cibadak maupun Palabuhanratu.

Ada empat fungsi yang dilakukan pihaknya seperti memulihkan kesehatan fisik, sosial, memulihkan mental atau psikis, dan memberikan satu keterampilan kepada penghuni panti.

Empat fungsi ini tentunya harus dikolaborasikan kepada para penghuni panti sehingga nantinya setelah kembali lagi ke masyarakat mereka siap baik fisik maupun mental dan tentunya punya keahlian sehingga tidak putus asa.

Namun, yang dikhawatirkannya dirinya adalah ODHIV ini putus asa sehingga bisa melakukan tindakan nekat kepada orang lain. Tapi ia yakin pengidap HIV yang tengah menjalani rehabilitasi di PSBM Kahuripan ini tidak akan putus asa walaupun dalam tubuhnya ada virus mematikan.

Ia mengatakan kesalahan yang pernah dibuatnya lalu jangan menjadi momok yang terus menghantui, tetapi sekarang harus bangkit dan bisa menggantikan dengan perbuatan yang baik.

“Setelah nanti keluar dari panti, ODHIV harus mampu mandiri dan kami mewakili pemerintah akan membantu dengan cara memberikan modal usaha kepada mereka,” tambahnya.

Idrus mengimbau seluruh pihak agar tidak ada diskriminasi terhadap para ODHIV, namun harus terus diberikan semangat karena mereka tetap mempunyai hak dan kewajiban. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close