EkonomiNasional

Menteri Susi Harapkan Jepang Tambah Hibah Radar

BTN iklan

Purwokerto, LEI – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengharapkan ada penambahan hibah dari Jepang berupa radar canggih pendeteksi semua benda di laut.

“Kita ingin mereka menambah hibah radar. Kita kan punya satu di Wakatobi,” katanya usai menghadiri Milad Ke-52 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu.

Menteri Susi mengatakan hal itu kepada wartawan terkait hasil kunjungannya ke Jepang. “Kita harapkan mereka bisa memberikan enam lagi di tempat lainnya,” kata Susi.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia tidak perlu anggaran dalam pengadaan enam radar tersebut.

Kendati demikian, Menteri Kelautan dan Perikanan tidak menyebutkan enam lokasi yang diharapkan bisa dipasangi radar hibah dari Jepang.

Sebelumnya, Menteri Susi dalam rencana kunjungannya ke Jepang mengajak pengusaha asal Negeri Matahari Terbit itu agar mau berinvestasi di Indonesia berupa radar canggih pendeteksi semua benda di laut.

Menteri Susi dalam rilis yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu (8/4), menyebutkan bahwa radar canggih itu juga untuk menghindari kejadian serupa di Raja Ampat yang telah merusak terumbu karang akibat kandasnya kapal MV Caledonian Sky.

“Mau minta radar seperti yang sudah dipasang di Wakatobi, jadi model kapal seperti kemarin di Raja Ampat bisa terdeksi ke mana dari jarak 250 kilometer,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dengan demikian, menurut Susi, kapal tersebut juga bisa mendeteksi kapal mana saja yang masuk ke titik yang menjadi bagian dari kawasan konservasi perairan nasional.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami