HukumInternasional

Meski Kotanya Miskin, Walikota Gila Ini Hidup Mewah dari Korupsi Dana Pendidikan

BTN iklan

BOM JARDIM, (LEI) – Di suatu belahan dunia lain, tepatnya di Brasil barat laut, Wali Kota Bom Jardim dijatuhi hukuman 14 tahun karena melakukan korupsi dana pendidikan. Mirisnya, wali kota bernama Lidiane Leite, hidup bermewahan di kota yang dipimpinnya, merupakan daerah termiskin di Brasil

Lidiane Leite melarikan diri sejak bulan Agustus 2015 ketika dia dituduh mengambil dana kota Bom Jardim. Selama pelariannya, dia menunjuk pejabat setempat dengan menggunakan WhatsApp saat dia menjalani kehidupan mewah di Sao Luiz, ibu kota negara bagian Maranhao, sekitar 180 mil jauhnya.

Bom Jardim adalah kota yang berpenduduk sekitar 40.000 orang, juga merupakan kota termiskin dari salah satu negara termiskin di dunia. Kisah dimulai pada tahun 2012 setelah mantan pacarnya, Humberto Dantas dos Santos, yang juga dikenal sebagai Beto Rocha, dilengserkan sebagai wali kota kota pada tahun 2012 karena tuduhan korupsi.

Pada awal tahun 2015 pasangan tersebut bubar dan Dos Santos mengundurkan diri. Inilah awal mula kasus korupsi mulai terbongkar. Tak lama kemudian, Leite menggantikannya. Dia bertanggung jawab atas sebagian besar pengelolaan kota sehari-hari

Selama tidak berada di Bom Jardim, Leite menjalani gaya hidup yang penuh dengan sampanye dan mobil cepat yang mahal di Sao Luiz. Dirinya berkomunikasi dengan para deputinya melalui grup WhatsApp bernama “Task Force”.

Sementara Dos Santos masih dalam pelarian namun juga dijatuhi hukuman 17 tahun dan sembilan bulan di penjara menyusul tujuh tahun dan empat bulan tahanan rumah secara in absentia.

Leite dijatuhi hukuman 14 tahun dan satu bulan di penjara dan enam tahun tahanan rumah setelah dinyatakan bersalah menerima dana sebesar 4,5 juta poundsterling dari dana pendidikan . Dia masih dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut, dilansir dari Independent.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami