Internasional

Miliki Catatan Identitas Asli Agen Rahasia, Mantan Anggota CIA Ditahan

BTN iklan

NEW YORK, Lei – Seorang pria yang diduga menyimpan buku catatan identitas asli para agen rahasia badan intelijen Amerika Serikat (CIA) ditangkap di Bandara Internasional John F. Kennedy, New York, Amerika Serikat, pada Senin 15 Januari malam waktu setempat. Pria bernama Jerry Chun Shing Lee itu adalah seorang mantan anggota yang telah bertugas selama 13 tahun di CIA. Dia terancam hukuman penjara jika ia terbukti bersalah.

Buku catatan tersebut berisikan alamat dan nomor telefon asli agen rahasia juga catatan alamat fasilitas dan operasional untuk agen rahasia CIA. Lee kedapatan menyimpan data sangat penting tersebut saat FBI melakukan pemeriksaan terhadap dirinya di sebuah kamar hotel pada 2012. Buku tersebut dibungkus menyerupai sebuah paket dan ditaruh di dalam kopernya, menurut pihak yang berwenang.

“Diungkapnya catatan tersebut dapat menyebabkan masalah yang besar, khususnya bagi keamanan nasional Amerika Serikat,” tulis pihak pemerintah dalam sebuah pernyataan, dinukil CNN, Rabu (17/1/2018).

Lee juga telah menghadapi persidangan di Pengadilan Brooklyn pada Selasa 16 Januari dan tidak dapat mengajukan pembelaan apa pun. Jika pria berusia 53 tahun tersebut benar-benar terbukti bersalah akibat kepemilikan catatan tersebut, maka ia dapat diganjar kurungan maksimal 10 tahun penjara.

Menurut dokumen pengadilan Lee adalah agen CIA yang sangat terlatih dan ahli dalam menangani berbagai kasus. Ia memiliki akses keamanan hingga tingkat sangat rahasia dari 1994 sampai dia meninggalkan CIA pada 2007.

Lee merupakan warga negara Hong Kong yang mendapatkan kesempatan untuk memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat. FBI memeriksa dirinya di kamar hotel pada 2012 ketika ia sedang mengurus perpindahan dari Hong Kong ke Virginia Utara. Lee dan keluarganya tinggal di Virginia Utara hingga Juni 2013.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami