Internasional

Militan Bergerak Bebas Dekat Basis AS di Suriah, Rusia Bingung

BTN iklan

MOSKOW – Rusia mengaku cukup bingung dengan adanya laporan bahwa kelompok-kelompok militan dapat bergerak dengan bebas di dekat pangkalan Amerika Serikat (AS) yang berada di wilayah al-Tanf, Suriah.

“Situasi ketika AS hampir menguasai zona sejauh 55 kilometer di sekitar At Tanf di perbatasan Suriah-Yordania tanpa persetujuan pemerintah Suriah sangat membingungkan,” ucap asisten ketua Dewan Keamanan Rusia, Alexander Venediktov.

“Zona ini mencakup kamp pengungsi Rukban yang sangat terkenal, di mana militan dari kelompok bersenjata ilegal bergerak bebas di dekat Angkatan Bersenjata AS,” sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (1/3).

Venediktov kemudian mengatakan, akses ke zona tersebut ditutup untuk konvoi kemanusiaan PBB, yang berusaha mencapai kamp pengungsi dari wilayah Suriah. “Masih menjadi misteri bagaimana ini sesuai dengan tujuan anti-terorisme Washington di Suriah,” katanya.

Berbicara lebih jauh mengenai masalah Suriah, Venediktov mengatakan, kelompok-kelompok teroris yang beroperasi di Suriah telah berpindah dari operasi tempur utama ke taktik perang gerilya.

“Kelompok teroris ISIS  di wilayah Suriah telah mengalami kerusakan parah. Dalam kondisi seperti ini, para teroris beralih dari operasi militer skala besar ke taktik perang gerilya,” kata Venediktov.

Dia menambahkan, kelompok militan lainnya, termasuk Jabhat al-Nusra di provinsi Idlib dan Ahrar al-Sham di Ghouta Timur, terus melakukan perlawanan terhadap pasukan pemerintah Suriah.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami