Internasional

Militer Suriah Kirim Pasukan Pendukung Ke Dekat Damaskus

BTN iklan

Damaskus, Suriah, 4/1 (Antara/Xinhua-OANA) – Militer Suriah pada Rabu (3/1) mengirim pasukan bantuan untuk melancarkan serangan balasan besar terhadap gerilyawan di Ghouta Timur di pinggir Ibu Kota Suriah, Damaskus, kata satu sumber militer kepada Xinhua.

Pasukan militer pendukung tersebut mengambil posisi di dekat Kota Harasta untuk melancarkan serangan balasan terhadap kelompok yang memiliki kaitan dengan Al-Qaida, Komite Pembebasan Levant (LLC), dan Failq Ar-Rahman, yang bersekutu, serta mendesak mereka mundur dari Pangkalan Kendaraan yang dioperasikan militer di Harasta, kata sumber tersebut –yang tak ingin disebutkan jatidirinya.

Tank terlihat pada Rabu bergerak menuju Harasta dari Damaskus.

Tujuan di balik serangan balasan tersebut ialah mengalahkan afiliasi Al-Qaida dan mengamankan daerah sekitar pangkalan itu, yang diserang oleh gerilyawan pada penghujung Desember.

Pesawat tempur Suriah melancarkan serangan gencat terhadap posisi gerilyawan di dekat instalasi tersebut guna melicinkan jalan bagi pasukan darat untuk menyerbu daerah itu.

Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia menyatakan sedikitnya 15 serangan udara ditujukan ke beberapa daerah di Harasta dan sekitarnya pada Rabu, di tengah pertempuran sengit antara pasukan pemerintah dan gerilyawan fanatik.

Kelompok pengamat yang berpusat di Inggris tersebut menyatakan 44 prajurit pemerintah, termasuk enam perwira, telah tewas dalam pertempuran itu selain 47 gerilyawan.

Selam serangan tersebut, kata laporan pegiat, sebagaimana dikutip Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi, gerilyawan mengepung pangkalan itu dan merebut beberapa bagiannya.

Gerilyawan juga telah merebut beberapa daerah antara Harasta dan Permukiman Arbeen, sehingga memutus jalur pasokan pasukan pemerintah ke pangkalan tersebut.

Pangkalan itu adalah instalasi militer terbesar di Wilayah Ghouta Timur, yang membentang dari Harasta ke Arbeen.

Pangkalan tersebut berisi sangat banyak tentara, termasuk Pengawal Republik, serta gudang besar senjata.

Selama perang Suriah, pangkalan tersebut telah menjadi pusat operasi besar dan instalasi pasokan buat pasukan Suriah di dalam Wilayah Ghouta Timur, yang terdiri atas banyak kota kecil dan permukiman.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close