Internasional

Militer Suriah: Seluruh Wilayah Ghouta Timur Telah Dibebaskan dari Militan

BTN iklan

DAMASKUS (LEI) – Komando militer Suriah menyatakan telah berhasil membebaskan semua wilayah yang diduduki oleh kelompok militan di Ghouta Timur. Dengan direbutnya semua daerah tersebut, salah satu jalan raya terbesar di Suriah untuk pertama kalinya dibuka dalam tujuh tahun terakhir.

Setelah serangkaian pertempuran dan operasi yang direncanakan dengan hati-hati oleh angkatan bersenjata kami bekerja sama dengan pasukan yang setia dan sekutu, kontrol atas semua kota dan permukiman di pinggiran Damaskus di Ghouta Timur telah dipulihkan, ” demikian pernyataan dari militer Suriah yang dilansir RT, Minggu (1/4/2018).

Angkatan bersenjata Suriah juga telah mencabut blokade jalan raya utama yang menghubungkan ibukota Suriah ke seluruh negara itu.

“Kemenangan di Ghouta Timur memastikan pembukaan rute utama antara Damaskus dan wilayah tengah, utara dan pesisir, dan semua jalan ke perbatasan Irak.”

Pasukan Suriah berhasil mengalahkan kelompok militan yang menguasai Ghouta setelah menghancurkan markas besar, depot amunisi, benteng pertahanan dan pabrik senjata hancur mereka. Menurut seorang tentara, unit militer Suriah kemudian melanjutkan serangan di pinggiran Kota Douma, mengusir para militan keluar dari daerah itu.

Kemenangan penting tersebut akan memastikan “pemulihan keamanan dan stabilitas di Damaskus,” dan akan memberi bantuan kepada penduduk sipil yang telah menderita akibat “kejahatan teroris dan sponsor teroris selama beberapa tahun terakhir.”

Wilayah Ghouta Timur telah dikepung sejak 2012 dan pada Februari tahun ini, pasukan Suriah memulai serangan mereka untuk membebaskan benteng pertahanan terakhir yang terletak dekat dengan Damaskus. Serangan tersebut menyebabkan jatuhnya ratusan korban dari warga sipil, termasuk anak-anak yang masih berada di Ghouta Timur.

Gencatan senjata dan upaya kemanusiaan yang dilakukan oleh Rusia dengan melibatkan PBB berhasil mengeluarkan 150 ribu warga sipil dari Ghouta Timur. Setelah wilayah tersebut dibebaskan, sekira 40 ribu dari mereka telah kembali dan menerima bantuan kemanusiaan dari badan PBB dan organisasi lainnya.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova mengatakan, hubungan dengan Ghouta Timur akan segera kembali normal seperti yang juga terjadi di Aleppo yang berhasil dibebaskan pada 2016.

“Sedikit demi sedikit, Ghouta Timur akan mengikuti jejak Aleppo, di mana 100 ribu hingga 200 ribu warganya telah kembali. Jumlah Itu masih kurang dari populasi kota dahulu sebelum perang, tetapi hal itu menunjukkan bahwa kehidupan benar-benar mulai kembali normal,” kata Zakharova. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

10 Comments

  1. Heya excellent website! Does running a blog like
    this require a large amount of work? I have absolutely no understanding of coding however I was
    hoping to start my own blog soon. Anyways, should you
    have any recommendations or techniques for new blog owners please share.

    I understand this is off subject however I just wanted to ask.
    Many thanks!

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami