Liputan

Mini Market Taiwan Tersibuk Kedua di Dunia

BTN iklan

Jakarta, 19/8 (LEI) – Kepadatan mini market di Taiwan sangat tinggi. Menurut statistik terbaru, terdapat 11.429 mini market di Taiwan, kepadatannya, dalam riset itu tertinggi kedua di dunia setelah Korea Selatan, dan jumlahnya terus meningkat setiap tahun.

Mini market bisa ditemukan di mana-mana di Taiwan, baik itu di daerah gunung setinggi 2.000 meter atau di pedesaan, Anda bisa merasakan minimarket ada di mana-mana. Di kota-kota besar, akan melihat mini market bermunculan di setiap jalan dan gang, bahkan ada mini market dengan brand toko yang berbeda berdiri berdampingan satu sama lain, demikian siaran pers dari TETO (Taipei Economic and Trade Office), di Jakarta, Rabu.

Disebutkan, masyarakat Taiwan sangat menyukai mini market karena, Pertama, mini market telah menciptakan lingkungan belanja yang bersih dan cerah, sehingga konsumen akan merasa segar dan nyaman saat memasuki supermarket.

Selain itu, jenis barang di minimarket berubah dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen Taiwan yang menginginkan inovasi dan perubahan. Area minuman dingin minimarket hampir setiap bulan memiliki minuman baru di rak, dan orang bahkan masuk ke mini market hanya untuk mencoba minuman atau makanan ringan yang baru. Selain makanan dan minuman, mini market juga menjual produk kebersihan, alat tulis, obat-obatan sederhana, mainan, koran, majalah.

Jika tidak ada permintaan terhadap merek khusus, pada dasarnya mini market Taiwan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seseorang. Mini market Taiwan juga ahli dalam menggabungkan acara festival dan pedagang terkenal untuk meluncurkan produk khusus, seperti hidangan restoran bintang lima saat Tahun Baru Imlek, kado coklat di Hari Valentine, bak cang di Festival Perahu Naga, kotak kue bulan di Festival Pertengahan Musim Gugur. Dekorasi toko harus sering diubah sesuai dengan festival yang berbeda, agar konsumen merasa penuh dengan suasana festival yang kental.

Mini market Taiwan juga mahir dalam menyediakan produk siap saji. Biasanya di setiap mini market. selalu memiliki hotpot telur teh kapan saja, dan mesin panggangan untuk memanaskan hot dog, ubi panggang, aneka macam oden, semua jenis bakpao memberikan kepuasan bagi Orang yang lapar. Juga keragaman bento dan makanan microwave adalah penolong yang baik bagi banyak orang untuk menyelesaikan sementara masalah sarapan, makan siang dan makan malam.

Guna menarik konsumen masuk ke dalam minimarket, para pebisnis Taiwan berupaya menyelenggarakan berbagai kegiatan promosi. Misalnya, di musim panas, dapat membeli minuman kedua hanya dengan NT$1 (sekitar Rp500), atau membeli dua kaleng minuman dapat mengambil undian di kasir.

Hadiahnya dari diskon 20% hingga 90% dari jumlah pembayaran, sehingga orang akan penasaran saat mereka hendak membayar. Minimarket juga meluncurkan tema produk edisi terbatas, seperti es krim cone rasa susu segar Hokkaido dan rasa matcha Shizuoka dalam jumlah terbatas musiman, yang membuat antrean panjang orang untuk membeli. Mini market Taiwan juga sering mengadakan kegiatan pemberian hadiah gratis berdasarkan akumulasi poin. Misalnya untuk setiap NT$40 (kurang lebih Rp20.000) yang dibelanjakan akan mendapatkan stiker kecil “satu poin”, dan poin yang terkumpul dalam jumlah tertentu dapat ditukar dengan miniatur mobil balap atau mug dan tas bergambar kartun populer. Banyak orang tua atau kakek nenek menjadi langganan mini market hanya untuk membantu anak cucu mereka mengumpulkan poin demi menukarkan hadiah.

Selain menjual produk fisik, beragam layanan kehidupan yang disediakan supermarket juga menjadi senjata untuk meningkatkan “kelekatan” masyarakat. Misalnya, banyak pasangan keluarga sekarang harus pergi bekerja, tidak ada orang di rumah yang dapat menerima kiriman paket pada siang hari, sehingga mini market menawarkan layanan pengiriman paket dari penjual ke mini market yang ditunjuk konsumen, agar orang-orang dapat mengatur waktu mereka dengan memilih saat pulang kerja atau waktu luang lainnya.

Mini market Taiwan memenuhi kebutuhan masyarakat akan sandang, pangan, papan, transportasi dan hiburan. Selain itu, selama masyarakat keluar rumah pasti akan menjumpai tingginya kepadatan minimarket, yang membuat hidup keseharian masyarakat Taiwan tidak dapat dipisahkan dari mini market. Justru karena jumlah dan kepadatan minimarket yang tinggi di Taiwan, mereka juga telah berkontribusi dalam mencegah pandemi COVID-19.

Orang-orang di Taiwan dapat membeli masker medis yang dianjurkan oleh pemerintah di mini market dan Internet, dan mereka dapat mengambil barang tersebut dengan nyaman di mini market terdekat. Mini market di Indonesia juga banyak sekali, silahkan teman-teman dari Indonesia saat berkunjung ke Taiwan sekalian membandingkan perbedaan minimarket Taiwan dan Indonesia!

 

 

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami