BTN iklan
FinansialInvestasi

Minim Sentimen, Rupiah Melemah Tipis Rp15.223 per Dolar AS

Jakarta (lei) – Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp15.223 per dolar Amerika Serikat(AS) pada perdagangan pasar spot pagi ini, Selasa (9/10). Posisi ini melemah 5 poin atau 0,03 persen dari kemarin sore, Senin (8/10) di level Rp15.218 per dolar AS.

Sejalan dengan rupiah, beberapa mata uang di kawasan Asia juga melemah dari dolar AS. Won Korea Selatan melemah 0,09 persen, ringgit Malaysia minus 0,06 persen, dan dolar Singapura minus 0,05 persen.

Namun, dolar Hong Kong bergerak stagnan. Sedangkan baht Thailand menguat 0,09 persen, peso Filipina 0,16 persen, dan yen Jepang 0,17 persen. Sementara mayoritas mata uang utama negara maju, melemah dari mata uang Negeri Paman Sam. Rubel Rusia melemah 0,09 persen, poundsterling Inggris minus 0,04 persen, euro Eropa minus 0,02 persen, dan franc Swiss minus 0,01 persen.

Hanya Dolar Kanada dan dolar Australia yang menguat, masing-masing 0,01 persen dan 0,03 persen.

Analis sekaligus Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim memperkirakan rupiah akan kembali melemah pada hari ini, karena minim sentimen positif yang bisa mengangkat mata uang Garuda. “Perkiraannya pergerakan rupiah tertinggi bisa menyentuh Rp15.300 per dolar AS,”

Selain masih ada sentimen negatif yang membayangi rupiah sejak sepekan terakhir, ia bilang, sentimen negatif baru yang bisa mempengaruhi laju rupiah ke depan ialah rilis neraca perdagangan China pada pertengahan pekan ini.

“Kalau ekspor turun dan impor meningkat, ini akan membuat indeks dolar AS menguat lagi,” pungkasnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close