EkonomiNasional

Modal Kerja Dari Dana Kemitraan PTPN V

BTN iklan

Pekanbaru, LEI – Usaha pembibitan buah dan bunga milik Taufik Ismail semakin berkembang setelah mendapatkan “suntikan” modal kerja dari dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PTPN V (Persero) sejak 2016 lalu.

Pengusaha Bibit di Desa Binong Kecamatan Bangkinang Seberang, Kabupaten Kampar, Taufik Ismal (29), Selasa, menceritakan awal mula usaha yang dirintisnya bermodal sangat minim, pada 2013 silam. Usahanya sempat berjalan stagnan selama tiga tahun dengan kondisi seadanya.

“Sampai pada 2016, saya dapat informasi dari seorang teman tentang program kemitraan dengan PTPN V, saya pun menyusun proposal kepada perusahaan untuk dapat menjadi mitra binaan,” sebutnya.

Gayung bersambut, PTPN V memberikan suntikan modal sebesar Rp20 juta, guna menambah modal dan mengembangkan usaha Taufik.

Taufik pun menggunakan peluang tersebut untuk melakukan perluasan lahan pembibitan dan menambahkan bibit-bibit lain yang akan dikembangkan, seperti buah lengkeng, jambu madu, jambu kristal dan berbagai buah-buahan serta tanaman lainnya.

Dengan bertambahnya luas bibitan dan jenis bibit, berbanding lurus dengan omzet Taufik yang didapatkannya.

“Pendapatan kami semakin meningkat dari bulan ke bulan. Walau belakangan selisih peningkatan tidak terlalu tinggi, karena keadaan ekonomi masyarakat yang menurun, alhamdulillah sekarang telah mengantongi penghasilan bersih sekitar Rp4 juta per bulan,” ucapnya.

Besar harapan Taufik agar ke depannya PTPN V dapat meningkatkan nilai bantuan, lebih besar dari bantuan sebelumnya.

“Masih banyak rencana pengembangan� yang sedang dipersiapkan, dan tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit pula. Semoga PTPN V bisa terus membantu,” paparnya.

Ia mengatakan akan setia menjadi mitra binaan Perusahaan, dan akan mengembalikan dana secara tepat waktu, sehingga dana PK dapat bergilir dan bergulir secara optimal.

“Kami dengar banyak yang minta dana PK ini. Jadi insya Allah pasti akan kami kembalikan dengan lancar. Supaya makin banyak yang merasakan manfaatnya,” sambung Taufik.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close