BTN ads
Internasional

Moskow: 23 Diplomat Inggris Harus Angkat Kaki dari Rusia dalam Sepekan

MOSKOW (LEI) – Pemerintah Rusia telah memutuskan untuk mengusir 23 diplomat Inggris dari negaranya. Kementerian luar negeri di Moskow mengatakan, para diplomat tersebut memiliki waktu sepekan untuk angkat kaki dari Rusia.

Keputusan merupakan pembalasan atas tindakan “provokatif dan tuduhan tak berdasar” dari London terkait upaya pembunuhan terhadap mantan mata-mata Rusia, Sergei Skripal dan putrinya, Yulia di Salisbury pekan lalu.

Pada Rabu, Perdana Menteri Inggris Theresa May telah memerintahkan pengusiran terhadap 23 diplomat Rusia setelah Moskow menolak memberi penjelasan mengenai penggunaan racun syaraf Novichok dalam upaya pembunuhan Skripal.

Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil Duta Besar Inggris untuk Rusia, Laurie Bristow pada Sabtu, 17 Maret untuk mendapatkan informasi mengenai respons Moskow terhadap tindakan Inggris tersebut.

“Cepat atau lambat pihak Inggris harus menunjukkan beberapa bukti komprehensif mengenai keterlibatan Rusia, setidaknya, kepada rekan mereka Prancis, Amerika Serikat, Jerman, yang menyatakan solidaritas dengan London dalam situasi ini,” kata Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov sebagaimana dilansir RT, Sabtu (17/3/2018).

Moskow telah menyatakan siap bekerjasama dengan Inggris dalam menyelidiki upaya pembunuhan terhadap Skripal dan putrinya. Pemerintah Rusia mengatakan, kedua negara adalah anggota Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) sehingga London wajib melibatkan Moskow dalam penyelidikan. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close