InternasionalTekno

Mozilla Tak Hadirkan Fitur Multi Tab di Firefox Rocket, Apa Sebabnya?

BTN iklan

lei-Mozilla mengumumkan bahwa mereka telah resmi menghadirkan browser mobile Firefox Rocket khusus untuk pengguna Android di Indonesia.

Pada produk Firefox Rocket, Mozilla menawarkan beberapa fitur utama seperti Turbo Mode, Screenshot, Clear Cache, Storage Control, dan Block Images.

Saat pertama kali mencoba Firefox Rocket, hal pertama yang langsung terlihat perbedaannya dibanding aplikasi Firefox reguler di Android yakni tidak adanya opsi multi tab. Mobile Browser Product Manager Mozilla, Joe Cheng pun menjelaskan alasan mengapa pihaknya belum menghadirkan fitur multi tab di Firefox Rocket.

Meski kami menawarkan multi tab, rata-rata pengguna tak pernah kembali ke tab sebelumnya. Mereka tinggalkan begitu saja. Berdasarkan riset kami, rata-rata pengguna cukup hanya dengan single tab. Memang ada yang meminta multi tab, itu request nomor satu. Kami ada rencana menghadirkannya, tapi tak bisa memastikan kapan,

 Joe Cheng, Mobile Browser Product Manager Mozilla

Perbedaan selanjutnya yakni ukuran file Firefox Rocket jika dibandingkan Firefox reguler. Dalam persentasinya, Cheng mengatakan Firefox Rocket berukuran 2,39 MB. Saat Tech in Asia Indonesia mencoba mengunduhnya, ukuran file Firefox Rocket sebenarnya lebih kecil lagi yakni 1,9 MB. Sementara Firefox reguler di Playstore memiliki ukuran 37 MB.

“Boleh dibilang Firefox Rocket ini adalah versi lite dari Firefox reguler. Selain tidak ada multi tab, Firefox Rocket juga tidak bisa sinkronisasi dengan Firefox di desktop,” ujar Cheng.

Mengapa Indonesia menjadi tempat peluncuran Firefox Rocket?

 Menurut Mobile Browser Product Manager Mozilla, Joe Cheng, pihaknya memiliki beberapa pertimbangan mengapa memilih Indonesia untuk peluncuran produk Firefox Rocket.

  • Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna internet terbesar kelima di dunia.
  • Selain itu, riset dari We Are Social menyebutkan bahwa Sebanyak 69 persen masyarakat Indonesia masih mengakses internet melalui perangkat mobile, dan sisanya melalui desktop dan tablet.

“Kami ingin memastikan melakukannya dengan baik sebelum menghadirkan Firefox Rocket ke negara lain. Kami merasa Indonesia market yang bagus untuk melakukan itu,” ujar Cheng kepada Tech in Asia Indonesia.

Firefox Rocket | Screenshot

read also

Saat ini, Mozilla masih bersaing dengan beberapa penyedia mobile browser seperti Google Chrome, UC Browser, maupun Opera. Sama seperti Mozilla, UC Browser juga memiliki produk lite browser yakni UC Mini. Sedangkan Opera, menjawab kebutuhan browser berukuran kecil dengan menghadirkan Opera Mini.

Adapun dalam acara tersebut, selain memaparkan mengenai Firefox Rocket, Mozilla juga mengumumkan kehadiran Firefox Quantum untuk versi desktop yang kinerjanya diklaim dua kali lebih cepat ketimbang Firefox enam bulan lalu berdasarkan benchmark Speedometer 2.0. id.techinasia

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami