Internasional

Mujica, “Presiden Termiskin Dunia” Tolak Uang Pensiun

BTN iklan

(LEI)- Mantan pemimpin Uruguay José Mujica, yang dijuluki “presiden termiskin di dunia” karena gaya hidupnya yang sederhana, mengatakan dia tidak ingin menerima uang pensiun untuk jabatannya sebagai senator.

Mujica mengundurkan diri pada hari Selasa (14/8/2018) sebagai senator yang dijabatrnya sejak 2015, sesudah lima tahun masa jabatannya sebagai presiden berakhir.

Dia mengatakan dia tidak akan menuntaskan masa jabatannya sampai 2020 nanti karena dia “telah lelah setelah perjalanan jauh”.

Mantan pemimpin pemberontak sayap kiri itu kini berusia 83 tahun.

Surat resmi pengunduran diri Mujica disampaikan kepada KEtua Senat, Lucía Topolansky, yang juga wakil presiden Uruguay dan istri Mujica sejak 13 tahun lalu.

Foto/Reuters

Di dalamnya dia mengatakan “motif (untuk mengundurkan diri) bersifat pribadi, saya akan menyebutnya ‘kelelahan setelah suatu perjalanan jauh’.”

“Betapa pun, sepanjang pikiran saya masih jalan, saya tidak dapat akan mengundurkan diri dari solidaritas dan pertarungan gagasan,” tulisnya pula.

Mantan pemberontak berharta VW biru

Mujica dikenal terang-terangan dan kadang-kadang berbicara tanpa tedeng aling-aling, juga meminta maaf kepada “setiap rekan saya mungkin secara pribadi terluka dalam panasnya perdebatan”.

Pada tahun 2013, ia harus meminta maaf kepada presiden Argentina waktu itu, Cristina Fernández de Kirchner, karena menyebut dia “nenek tua” dan memberi label menyebut suaminya yang juga mantan presiden, Néstor Kirchner, “lelaki bermata juling”.

Pernyataan itu terekam pada konferensi pers ketika dia tidak menyadari bahwa mikrofonnya menyala.

Pada tahun 2016, dia mengatakan bahwa presiden Venezuela, Nicolás Maduro, “sesinting seekor kambing”.

Tapi gaya hidupnya yang membumi dan sikapnya yang menolak tinggal di istana kepresidenan selama masa jabatannya membuatnya luar biasa terkenal. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close