BTN ads
InternasionalTekno

Mussy.co, Marketplace yang Hubungkan Musisi dengan para Penyelenggara Acara

(LEI)- Bagi sebagian besar musisi, Indonesia masih minim lapangan kerja di bidang musik. Situasi ini menimbulkan dilema bagi para seniman musik yang sepenuhnya mengantungkan nafkah hidupnya lewat kemampuan bermusik. Hal ini menarik perhatian bagi Desty Rama Rumondang yang kemudian mendirikan sebuah marketplace jasa musisi bernama Mussy.co di tahun 2017 silam.

Sumber: IDNTimes

Kecintaan terhadap dunia musik sejak kecil membuat Desty kemudian memutuskan untuk mendirikan startup yang berkecimpung di bidang yang ia gemari.  Desty sendiri telah mengenal musik sejak berumur 10 tahun dan sering terlibat dalam berbagai kegiatan musik sejak bangku sekolah hingga kuliah. Ia pun tahu permasalahan yang sering kali dihadapi musisi.

Saya menemukan banyak sekali musisi berhenti menggapai impiannya karena kesulitan mendapatkan jobatau event. Sementara di sisi lain, banyak klien seperti wedding owner, event owner, hotel, kafe juga kesulitan untuk mencari musisi lokal terbaik untuk acara mereka

 Desty Rumondang, CEO Mussy.co

Dunia startup sendiri sebenarnya bukan sesuatu yang asing di mata Desty. Sebelum memutuskan mendirikan startup, ia sempat berkarier sebagai Project Manager di aCommerce dan Home Tester Indonesia (milik Emtek).

Desty pun ingin memberikan kesempatan yang lebih baik kepada para musisi agar mereka bisa terus berkarier dan berkarya. Dari situlah ide marketplacejasa musisi online tercetus.

Hadirkan sistem booking musisi

Lewat Mussy.co, musisi dan pihak penyelenggara acara dipertemukan secara online melalui platform marketplace. Pihak penyelenggara sendiri bisa melihat profil lengkap dari grup musik yang hendak mereka gaet, mulai dari kisaran harga, genre musik yang bisa dimainkan musisi, hingga pengalaman manggung mereka selama ini.

Untuk pemesanan, pihak penyelenggara acara selaku klien akan melalui proses sebagai berikut:

  • Klien mengisi formulir pemesanan berisi detail kebutuhan musisi dan detail acara
  • Klien akan mendapat pengajuan dari berbagai musisi yang tertarik pada event tersebut.
  • Bandingkan profil berbagai musisi yg mengajukan diri, mulai dari pengalaman hingga video performance musisi selama ini
  • Pilih musisi yang sesuai keinginan
  • Selesaikan transaksi dan pihak Mussy.co akan memastikan kehadiran musisi di acara bersangkutan.

Desty menjelaskan, jika dulu klien biasanya memesan jasa band dari mulut ke mulut atau rekomendasi teman yang biasanya butuh waktu cukup lama, namun sekarang mereka bisa melakukan ini tanpa harus mengeluarkan upaya yang besar.

Saya berharap, Mussy.co bisa menjadi solusi agar banyak musisi yang bisa mendapatkan kesempatan perform lebih banyak dan pada akhirnya mereka bisa menghidupi diri dan keluarganya sesuai passion mereka sebagai musisi

 Desty Rumondang, CEO Mussy.co

Mussy.co juga memberikan garansi pencarian musisi pengganti seandainya ada musisi yang tiba-tiba berhalangan hadir di hari-H sehingga acara tetap berjalan dengan baik tanpa kendala.

Ingin bidik industri pernikahan

Di Indonesia, Mussy.co bukan satu-satunya platform pemesanan jasa onlineyang mempertemukan musisi dengan klien penyelenggara acara. Di tahun 2016, sebuah startup bernama Sky Ark juga telah diluncurkan untuk mencoba menawarkan konsep serupa, namun dengan penyajian layanan yang sedikit berbeda.

Kehadiran platform pemesanan jasa musisi semacam ini diakui Desty memiliki pasar tersendiri di Indonesia, terutama untuk acara pernikahan. Oleh karena itu di masa mendatang, Desty tidak menutup kemungkinan untuk juga memfokuskan Mussy.co di industri pernikahan, bahkan hingga membuka peluang kolaborasi dengan pihak wedding organizer.

Dalam perkembangannya, Mussy.co didanai oleh empat angel investor, di mana salah satunya adalah pihak akademisi seperti Kagama Entrepreneur Forum (KEF) Universitas Gadjah Mada. Mussy.co sendiri saat ini sedang mengupayakan pendanaan Pra-seri A hingga sempat mengikuti kompetisi Startup Turkey 2018 kemarin.

Ke depannya, Mussy.co berniat untuk lebih meningkatkan kualitas akun profiling platformnya dengan membantu memasarkan musisi-musisi yang tergabung di Mussy.co. Hal tersebut mereka lakukan dengan menjalin kemitraan bersama layanan videografi untuk membantu dalam pembuatan video dan foto berkualitas. Di samping itu, pihaknya juga berencana membuat aplikasi mobile yang rencananya akan ditargetkan launchingpada bulan Desember 2018. (idtechinasia)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close