NasionalTraveling

Naik Dango Di Singkawang Diharap Jadi Proyek Nasional

BTN iklan

PONTIANAK,  LEI – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan gawai dayak Naik Dango di Kota Singkawang diharapkan bisa menjadi agenda nasional untuk mendukung program pariwisata atau wisata budaya di Kota Singkawang.

“Apabila momentum ini bisa menjadi salah satu agenda nasional, maka akan bertambahlah suguhan daya tarik buat menunjang Kota Singkawang sebagai perwujudan kota destinasi wisata budaya yang menjadi sasaran bagi wisatawan-wisatawan yang haus akan kekayaan budaya yang masih terjaga turun temurun,” kata Tjhai Chui Mie, Minggu.

Toleransi dan harmonisasi dalam keberagaman dan etnis adalah cita-cita dirinya bersama Irwan yang telah dituangkan dalam salah satu misi menjadikan Singkawang Hebat tahun 2022.

“Jangan diragukan lagi, kami menjadi orang yang terdepan untuk menjaga dan mengaktualisasikan peran agar terjadi toleransi dan harmonisasi kehidupan beragama dan budaya di Kota Singkawang,” ujarnya.

Sementara Ketua panitia Gawai Dayak Naik Dango Singkawang, Ahyadi mengatakan, tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah dengan gawai dayak naik dango 2018 kita sukseskan Singkawang Hebat sebagai kota wisata yang toleran dan harmonis dalam kebhinnekaan.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah pertama, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas karunia dan berkat terhadap hasil panen yang diperoleh baik dari sawah maupun ladang.

“Kedua, menggali serta melestarikan adat istiadat budaya dan hukum adat agar dapat dipertahankan dalam kehidupan masyarakat dayak juga dapat dijadikan sebagai filter dalam menghadapi era golbalisasi budaya asing serta pesatnya perkembangan IT yang dapat merusak perilaku masyarakat dayak khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Ketiga, sebagai wadah atau sarana bagi generasi muda dayak untuk mengekspresikan keterampilan seni budaya dalam rangka memperkaya khasanah budaya di Kota Singkawang.

Keempat, memupuk dan mempererat persatuan rasa kebersamaan, kesetiakawanan dalam lingkungan internal masyarakat dayak serta menciptakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat secara umum.

“Kelima, sebagai wujud peran serta masyarakat dayak yang ada di Kota Singkawang dalam rangka mendukung visi misi Pemerintah Kota Singkawang yaitu Singkawang Hebat,” ungkapnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami