BTN iklan
Internasional

NAS Synology Hadirkan Multimedia Canggih di Rumah dengan Mudah

(LEI)-Banyak yang beranggapan bahwa NAS itu hanya sekadar sebuah tempat untuk menyimpan data, seperti layaknya sebuah harddisk eksternal, yang sulit dibawa ke mana-mana karena punya ukuran yang besar. Di satu sisi, anggapan itu tidaklah salah, karena memang itulah salah satu fungsi utama dari NAS. Namun, di sisi lain, hal itu menunjukkan bahwa pemahanan terkait NAS masih belum benar. Karena itu, Synology, sebagai perusahaan ternama di bidang NAS, mencoba memberikan demo yang menunjukkan berbagai fungsi ekstra dari NAS, termasuk sebagai pusat dari sistem multimedia di rumah.

NAS Synology: Bisa Jadi Pusat Multimedia Rumah

Sejak lama, NAS Synology telah dibekali dengan sistem operasi yang sangat canggih, DiskStation Manager, yang menawarkan berbagai paket gratis yang akan memperluas fungsi NAS, dari sekedar menyimpan data, menjadi bisa melakukan berbagai hal lain. Namun, di booth mereka kali ini, mereka ingin fokus di kemampuan multimedia. Oleh karena itu, demo yang mereka bawa semuanya terkait dengan paket di DSM yang menawarkan kemampuan multimedia, yaitu Video Station dan DS Video, Photo Station, Moments, dan Audio Station.

Video Station: Bangun Server Streaming di Dalam Rumah

Memanfaatkan paket bernama Video Station yang bisa didapatkan secara gratis di DSM, NAS Synology bisa berubah menjadi sebuah server multimedia, sehingga pemiliknya bisa menonton video yang tersimpan di dalam NAS melalui perangkat lain dengan cara streaming, tanpa harus mengkopi file ke perangkat terlebih dahulu, mirip seperti streaming video dari Internet. Hal ini akan sangat membantu, karena pengguna hanya perlu menyimpan file video di NAS saja, dan file bisa ditonton dari smartphone, tablet, laptop, desktop, bahkan smart television.

Video Station ini tidak hanya menawarkan kemampuan streaming saja, tetapi juga manajemen file video yang ada di dalam NAS. Untuk file-file video film, Video Station bahkan bisa mencari data terkait film yang bersangkutan di Internet, dan menampilkan data tersebut secara lengkap sebagai keterangan video, dalam berbagai bahasa. Selain itu, pengguna juga bisa meletakkan video secara terstruktur, dikelompokkan sesuai jenis video, sehingga mempermudah pencarian saat akan melakukan streaming dari perangkat lain.

Kemampuan streaming video di NAS Synology sendiri sudah sangat mutakhir. Di beberapa tipe NAS, video hingga 4K UHD pun sudah bisa di-stream ke perangkat lain, berkat kemampuan hardware NAS yang digunakan Synology. Tentu saja, dengan fitur yang ditawarkan Video Station ini, pemilik NAS Synology bisa memiliki sebuah server video yang sangat handal di rumah.

Photo Station: Kelola Foto-Foto Koleksi Secara Profesional

Paket lain yang ditawarkan, yang terbilang menarik untuk penggunaan di rumah, adalah Photo Station. Fitur yang ditawarkan memungkinkan semua foto yang tersimpan di NAS ditampilkan dalam satu tempat yang mudah diakses, bahkan secara online sekalipun. Ini tentu saja akan sangat memudahkan bagi pengguna, terutama yang memiliki banyak sekali koleksi foto.

Selain membantu pengguna mengakses koleksi foto mereka di mana saja, selama terhubung ke Internet, Photo Station ini juga dapat digunakan untuk mendukung profesi yang banyak terkait dengan file foto dan gambar, misalnya untuk fotografer atau desainer. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membagikan folder foto tertentu ke pihak lain, dengan perlindungan password dan tanggal kadaluarsa shared folder. Melalui kemampuan tersebut, seorang fotografer misalnya, akan bisa membagikan foto-foto ke pihak lain dengan sangat mudah, tanpa perlu repot meng-upload foto-foto itu ke Internet terlebih dahulu,

Moments: Kelompokkan Foto Secara Pintar

Masih terkait dengan kemampuan mengelola foto, Synology juga menyediakan paket Moments. Synology menunjukkan beda antara paket ini dengan Photo Station, di mana fungsi dari paket ini lebih ke pengelompokan foto ke folder-folder virtual yang memudahkan pengguna mencari foto yang mereka inginkan dengan cepat. Misalnya, paket ini bisa mengelompokkan foto dari tanggal foto diambil, tempat foto diambil dengan menganalisis GPS tag dari foto, serta kemampuan pengelompokan foto berdasarkan machine learning.

Pengelompokan foto berdasarkan machine learning di NAS Synology pun bisa dilakukan dalam beberapa klasifikasi, seperti berdasarkan warna ambient foto, objek utama foto, bahkan hingga orang yang ada di dalam foto. Jadi, NAS akan mempelajari terlebih dahulu foto-foto yang ada, dan menampilkan foto-foto tersebut berdasarkan klasifikasi yang ada, sesuai dengan hasil dari machine learning yang dilakukan. Menariknya, fitur pencarian untuk folder virtual tempat Moments mengelompokkan foto pun bisa dilakukan.

Audio Station

Paket terakhir yang ditampilkan Synology untuk kapabilitas multimedia server di rumah, dengan basis NAS, adalah Audio Station. Seperti yang bisa ditebak dari namanya, fungsi yang diusung paket ini tentu saja adalah untuk melakukan streaming file audio. Jadi, file audio, seperti halnya video di Video Station, bisa di-stream ke perangkat lain dengan sangat mudah.

Menariknya, Audio Station ini juga kompatibel dengan perangkat speaker pintar yang mendukung Amazon Alexa. Pengguna yang memiliki speaker Amazon Alexa bisa meminta sistem untuk memutar lagu yang tersimpan di NAS, melalui Audio Station. Ini membuat pengguna bisa memutar audio hanya dengan menggunakan perintah suara, tanpa perlu memasukkan input secara manual ke perangkat yang akan digunakan untuk memutar audio.

Lebih dari Sekadar Menyimpan File

Hadirnya fitur-fitur pendukung multimedia server tersebut merupakan nilai lebih yang ditawarkan Synology untuk pengguna NAS mereka. Jadi, pengguna NAS Synology tidak hanya mendapat tempat menyimpan file di jaringan lokal mereka, tetapi juga perangkat yang menawarkan fitur lebih, yang bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan berbagai kemudahan. Tentu saja, melalui demo di booth mereka di Eslite Xinyi Store, salah toko di area pusat perbelanjaan di pusat kota Taipei, Synology berharap pengguna NAS Synology bisa memanfaatkan fitur lebih yang ada di NAS yang mereka miliki.

(jagatreview)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close