InternasionalLiputan

NEGARA PELANGI DI KHATULISTIWA

BTN iklan

Jakarta, LEI 20/5 – Ada kesamaan bangsa Indonesia dengan bangsa Taiwan asli, salah satunya keinginan untuk saling membagi dan membantu dengan sesama umat manusia. Selain itu Taiwan asli juga selalu berfikir terbuka (inklusif) oleh arenanya, orang-orang Tionghoa yang ada di Indonesia dapat bekerjasama dan saling membantunya.

Demikian, isi dari buku “baru Lee Dong-Ming Seeing Indonesia: The Rainbow Country Across the Equator” Oleh Tommy Lee  yang akan segera diluncurkan pada pekan ini, katanya, di Jakarta, Senin.

Menurut Lee, buku ini dihasilkan atas potret secara dekat terhadap kebudayaan Indonesia yang didalami sejak tahun 2009. “Pada tahun 2009 saya mulai ditempatkan di Indonesia untuk bertugas selama lima setengah tahun. Awalnya agak canggung karena belum kenal dengan situasi di sini. Namun setalah mengunjungi berbagai tempat di berbagai kawasan Indonesia, ternyata ditemukan kesan mendalam yakni banyaknya kesamaan orang Indonesia dengan orang Taiwan asli,” katanya.

Disebutkan, dari sudut pandang orang Taiwan, ia berfokus pada hubungan antara Taiwan, China dan Indonesia, dan perubahan situasi orang Tionghoa di Indonesia, yang dapat berfungsi sebagai perspektif historis untuk meningkatkan hubungan Taiwan-Indonesia.
Pada saat yang sama, kata Tommy Lee, ia juga memperdalam pengetahuan tentang pulau-pulau terpencil utama Indonesia, untuk memahami budaya lokal dan adat istiadat disana. Ia mengaku tak mengalami kesulitan dalam menyebarluaskan budaya yang berbeda dari Taiwan ke wilayah terpencil di Indonesia ini.

Selain memahami hubungan sejarah antara Taiwan dan Indonesia, Tommy Lee dengan penuh senyuman selalu teringat kenangan yang indah selama tinggal di indonesia. Bersama banyak teman lokal Indonesia, beliau menemukan karakter orang Indonesia yang bersahaja sederhana, berpikiran terbuka, suka berbagi dan rasa kebersamaan.

Setelah kembali ke Taiwan, Tommy Lee mendokumentasikan kenangannya di Indonesia, dan berharap dapat memberikan lebih banyak penulisan melalui catatan teks dan fotografi. Oleh karena itu, selain tentang kesan stereotip seperti bencana juga menguak soal banyaknya tenaga kerja Indonesia yang ada di Taiwan termasuk sentimen anti-tionghoa, dan masalah transportasi, budaya Indonesia yang kaya dan beragam.
Buku ini penuh dengan cerita tentang keberagaman, semangat hidup dan senyum kebahagiaan.

“Melihat Indonesia: Negara Pelangi Di Khatulistiwa” akan diterbitkan dalam waktu dekat.
Diharapkan lebih banyak orang Taiwan akan mengenal Indonesia, negara kepulauan di Asia Tenggara, untuk meningkatkan saling pengertian, serta memperluas wawasan masyarakat Taiwan dan ruang internasional Taiwan.

 

**Dewa)

Perlihatkan Lebih

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × three =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami