HukumInternasionalLiputanNasional

Nelayan Temukan Etnis Rohingya Terdampar di Aceh

BTN iklan

LHOKSEUMAWE, ACEH 6/4 (LEI) – Nelayan Aceh Timur, Provinsi Aceh, menemukan lima etnis Rohingya, Myanmar, yang terdampar di laut.

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) M Sjamsul Rizal di Lhokseumawe, Jumat mengatakan, mereka ditemukan nelayan pada Senin (2/4), pukul 20.30 WIB, sekitar 176 mil dari Kuala Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Kelima etnis Rohingya tersebut terdiri dari dua orang laki-laki dewasa dan satu orang anak, serta dua orang wanita.

Lalu oleh nelayan Aceh Timur diselamatkan dan dibawa ke Pelabuhan Kuala Idi serta sampai di Kuala Idi, Jumat (6/4) sekitar pukul 02.00 WIB.

Sementara itu, data kelima etnis Rohingya tersebut adalah Umar Shidik (28), M ilyas (33), Kamal Husen (8), Syamimah (25) dan Mominah (20).

Sedangkan pengakuan sementara (karena kesulitan komunikasi) menyebutkan, awalnya mereka berjumlah 10 orang dengan menggunakan sampan (perahu tanpa mesin).

Namun lima orang lainnya telah meninggal dunia karena kekurangan makanan dan dibuang ke laut.

“Saat tiba di Pelabuhan Idi Rayeuk, kondisi mereka lemah karena kekurangan makanan dan cairan,” ujar dia.

Anggota Posal Idi Rayeuk, Polres Aceh Timur serta instansi terkait lainnya dan dibantu masyarakat membawa kelima warga Rohingnya tersebut ke RSUD Zubir Mahmud Idi Rayeuk untuk mendapatkan perawatan, tutur Danlanal Lhokseumawe.

Danlanal menyatakan, direncanakan mereka akan dijemput oleh pihak imigrasi Langsa guna penanganan lebih lanjut. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami